ESA NUR KHOLIS, . (2024) MODEL PERMAINAN OUTBOUND SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN NILAI - NILAI KEPEMIMPINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER DAN ISINYA ESA NUR KHOLIS.pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN TEORETIK.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pemimpin merupakan seseorang yang ada dalam sekelompok orang, mengordinasikan kegiatan kelompok yang relevan, sebagai pemberi tugas atau pengarah serta penanggung jawab utama (Suwatno, 2019, h. 4) “ Kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan, agar mau bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi. Lebih lanjut dalam bukunya menurut Griffin dan Ebert dalam Wijono (2018, h. 1) mengungkapkan bahwa kepemimpinan (leadership) merupakan proses memotivasi orang lain supaya mau bekerja guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Hal ini juga dipertegas oleh Kepemimpinan merupakan cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi (Kamal, 2019, h. 39). Mengeskplorasi model permainan outbound untuk pengembangan nilai – nilai kepemimpinan siswa Sekolah Menengah Pertama merupakan proses yang digunakan untuk menciptakan dan memvalidasi pengembangan kepemimpinan. Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi digunakan untuk penelitian dan pengembangan model permainan outbound ini. Hasil dari pengembangan model permainan outbound sebagai saran pengembangan nilai-nilai kepemimpinan siswa sekolah menengah pertama dirangkum dalam bentuk buku panduan. Dalam buku tersebut menyajikan berbagai model outbound yang telah disesuaikan untuk siswa sekolah menengah pertama. Setiap model outbound disusun dengan langkah-langkah yang sederhana dan mudah dipahami, selain itu model outbound yang dibuat memiliki nilai-nilai yang dapat membentuk kepemimpinan dalam melakukan perilaku sosial. Setelah dilakukan validasi dan revisi berdasarkan data ahli dan implementasi langsung dilapangan dengan sampel 30 anak yang diuji dengan 11 model outbound, peneliti menyimpulkan bahwa model permainan outbound sebagai sarana pengembangan nilai-nilai kepemimpinan siswa sekolah menengah pertama layak untuk diterapkan. Proses revisi dan validasi yang dilakukan bersama para ahli outbound dan ahli pendidikan karakter secara keseluruhan untuk mengembangkan model yang dapat diimplementasikan. Hasil dari pengembangan model outbound ini berupa buku panduan yang berisi 11 variasi model permainan outbound yang cocok dan dapat diaplikasikan untuk siswa sekolah menengah pertama. ***** A leader is someone who is in a group of people, coordinating relevant group activities, as a task giver or director as well as the main person responsible (Suwatno, 2019, p. 4) "Leadership is the way a leader influences the behavior of subordinates, so that they want to work productively to achieve organization goals. Furthermore, in their book, according to Griffin and Ebert in Wijono (2018, p. 1), leadership is the process of motivating other people to want to work to achieve predetermined goals. This is also emphasized by Leadership is a way for a leader to influence the behavior of subordinates, so that they want to work together productively to achieve organizational goals (Kamal, 2019, p. 39). Exploring the outbound game model for developing leadership values for junior high school students is a process used to create and validate leadership development. The ADDIE model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation, is used for research and development of this outbound game model. The results of developing the outbound game model as a suggestion for developing leadership values for junior high school students are summarized in the form of a guidebook. The book presents various outbound models that have been adapted for junior high school students. Each outbound model is prepared using simple and easy to understand steps. Apart from that, the outbound model created has values that can shape leadership in carrying out social behavior. After validation and revision were carried out based on expert data and direct implementation in the field with a sample of 30 children who were tested with 11 outbound models, the researcher concluded that the outbound game model as a means of developing leadership values for junior high school students was feasible to implement. The revision and validation process was carried out with outbound experts and overall character education experts to develop a model that could be implemented. The result of developing this outbound model is a guidebook containing 11 variations of outbound game models that are suitable and can be applied to junior high school students. Keywords: Model, Outbound Games, Leadership.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aan Wasan, S.Sos., M.Si. ; 2). Hartman Nugraha, M.Pd. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga |
Divisions: | FIO > Olahraga Rekreasi |
Depositing User: | Users 22594 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:08 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45821 |
Actions (login required)
View Item |