Pengembangan Media Pembelajaran Microlearning pada Mata Kuliah Sistem Multimedia di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta

RAIHANAH RAHMA SRI LESTARI, . (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Microlearning pada Mata Kuliah Sistem Multimedia di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan menerapkan prinsip Microlearning yaitu memecah materi menjadi sub-sub materi yang lebih kecil dan terfokus pada satu pembahasan untuk mata kuliah Sistem Multimedia di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan prinsip Microlearning dalam pengembangan media pembelajaran untuk satu topik materi Teks dan menghasilkan media pembelajaran Microlearning yang terdiri dari beberapa media infografis dan video explainer yang telah divalidasi kelayakannya untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata kuliah Sistem Multimedia. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg & Gall yang telah disesuaikan menjadi delapan tahap, yaitu: 1) Pengumpulan Informasi, 2) Perencanaan, 3) Desain Produk, 4) Pengujian Ahli, 5) Revisi Produk, 6) Pengujian Mahasiswa, 7) Penyempurnaan Produk Akhir, dan 8) Diseminasi Produk. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Microlearning berupa tiga infografis dan delapan video explainer. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, yang disajikan melalui perhitungan perolehan skor dan kategori kelayakan produk yang ditentukan. Hasil dari pengujian kelayakan produk kepada dua orang ahli materi, dua orang ahli media, dan 50 mahasiswa, didapatkan nilai persentase sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak” dari ahli materi, dan nilai persentase sebesar 84,33% dengan kategori “Sangat Layak” dari ahli media. Sedangkan nilai persentase sebesar 85,62% dengan kategori “Sangat Layak” dari respon mahasiswa. Berdasarkan hasil penilaian ini, produk media pembelajaran Microlearning yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata kuliah Sistem Multimedia. This research focuses on the development of learning media by applying the principles of Microlearning, which involves chunking content into smaller, focused subtopics for the Multimedia Systems course in the Informatics and Computer Engineering Education Study Program. The aim of this research is to implement Microlearning principles in the development of learning media for a topic on Text material and to produce Microlearning learning media consisting of various infographics and explainer videos, validated for their feasibility for use in the Multimedia Systems course. This research adopts the Borg & Gall development model, modified into eight stages: 1) Information Gathering, 2) Planning, 3) Product Design, 4) Expert Testing, 5) Product Revision, 6) Student Testing, 7) Final Product Refinement, and 8) Product Dissemination. The outcome of this research is the creation of Microlearning learning media, including three infographics and eight explainer videos. The data analysis method employed is quantitative descriptive analysis, presented through the calculation of scores and the determined product feasibility categories. The results of the product feasibility testing were conducted with 2 subject matter experts, 2 media experts, and 50 students showed a 100% score with a 'Highly Feasible' rating from the subject matter experts, an 84.33% score with a 'Highly Feasible' rating from the media experts, and an 85.62% score with a 'Highly Feasible' rating from student responses. Based on the results of these assessments, the developed Microlearning educational media is deemed suitable for use in the Multimedia Systems course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 22754 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:36
Last Modified: 22 Jul 2024 04:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45871

Actions (login required)

View Item View Item