PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AUTIS KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Malika Center Jakarta)

SRI DALITA, . (2024) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AUTIS KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Malika Center Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi kerja sama dalam pembelajaran pendidikan Pancasila menggunakan media video pada siswa autis kelas V SLB Malika Center Jakarta. Siswa autis memiliki gangguan perkembangan yang mengganggu kemampuan berkomunikasi, perilaku dan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan satu siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan observasi dan 6 kali pertemuan dengan tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan awal siswa 58 terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 76. Peningkatan ini terjadi pada aspek pemahaman dalam menjawab soal tentang cara kerja sama di sekolah. Dari peningkatan pemahaman tersebut siswa dapat menyelesaikan tugas membersihkan kelas sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama. Setelah diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata sesuai dengan kriteria kelulusan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Melalui media video siswa autis dapat memahami arti kerja sama, pentingnya kerja sama dan cara kerja sama di sekolah. Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa media video dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan Pancasila pada siswa autis kelas V di SLB Malika Center Jakarta. ***** The purpose of this study was to improve the learning outcomes of cooperation material in Pancasila education learning using video media for grade V autistic students of SLB Malika Center Jakarta. Autistic students have developmental disorders that interfere with communication skills, behavior and social interaction. This research uses the Classroom Action Research (PTK) method from the Kemmis and Mc. Taggart research model. This research was conducted in one cycle consisting of 2 observation meetings and 6 meetings with stages consisting of planning, action and observation, and reflection. The data analysis used was qualitative data and quantitative data. The results showed that the average value of students' initial ability of 58 increased the average value obtained after being given action in cycle I to 76. This increase occurred in the aspect of understanding in answering questions about how to work together at school. From this increased understanding, students can complete the task of cleaning the class according to the agreement that has been made together. After being given action in cycle I there was an increase in the average score in accordance with the minimum passing criteria (KKM) set at 70. Through video media autistic students can understand the meaning of cooperation, the importance of cooperation and how to work together at school. Based on this data, it can be stated that video media can improve learning outcomes in Pancasila education subjects for grade V autistic students at SLB Malika Center Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Lalan Erlani, M.Ed; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Sri Dalita .
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:40
Last Modified: 23 Jul 2024 03:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45947

Actions (login required)

View Item View Item