MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA TARIK ANGKA 1-5 BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS 1 SDLB DI SLB/B-C ISLAM AS-SYAFI’IYAH JAKARTA TIMUR

SITI JULAEHA, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA TARIK ANGKA 1-5 BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS 1 SDLB DI SLB/B-C ISLAM AS-SYAFI’IYAH JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media tarik angka 1-5 bagi anak hambatan Intelektual kelas I SDLB di SLB/B-C Islam As-Syafiiyah Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model spiral Kemmis dan Taggart berupa perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu 6 anak hambatan Intelektual kelas I SDLB di SLB/B-C Islam As-Syafiiyah Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tarik angka 1-5 dapat meningkatkan hasil belajar anak hambatan intelektual kelas 1 SDLB. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada setiap siklus. Pada tes prasiklus subyek (AR, GN, H, MH, MI, RW) memperoleh nilai rata-rata sebesar 45 kemudian pada tes siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 72 sehingga ada peningkatan sebesar 27. Kemudian pada tes siklus II, subyek (AR, GN, H, MH, MI, RW) memperoleh nilai rata-rata 82 sehingga ada peningkatan nilai rata-rata sebesar 37. Pada siklus I, konten gambar yang digunakan sebagai alat pada Media Tarik Angka 1-5diganti dengan gambar yang mudah dimengerti oleh peserta didik. Diharapkan tidak menstimulasi peserta didik untuk tertawa dan beberapa subyek dibantu secara perlahan. Pada siklus II, pembelajaran yang dilaksanakan hampir sama dengan yang dilakukan pada siklus I, namun lebih ditekankan pada latihan konsentrasi. ****** This study aims to improve mathematics learning outcomes using number pull media for children with intellectual disabilities in grade 1 of SDLB at SLB/B-C Islam As-Syafi'iyah East Jakarta. This research is a classroom action research using the spiral model design by Kemmis and Taggart, consisting of planning, action, observation, and reflection. The study comprises two cycles. The subjects are 6 children with intellectual disabilities in grade 1 of SDLB at SLB/B-C Islam As-Syafi’iyah East Jakarta. Data collection methods include tests, interviews, and observations. The analysis method used is quantitative descriptive. The results show that number pull media can enhance the learning outcomes of children with intellectual disabilities in grade 1 SDLB. This is evidenced by an increase in the average test scores in each cycle. In the pre-cycle test, the subjects (AR, GN, H, MH, MI, RW) obtained an average score of 45, which increased to 72 in cycle I, showing an improvement of 27 points. In cycle II, the subjects (AR, GN, H, MH, MI, RW) achieved an average score of 82, indicating an increase of 37 points. In cycle I, the pictorial content used in the number pull media was replaced with images that are easier for students to understand, aiming to avoid stimulating laughter among the students, with gradual assistance provided to some subjects. In cycle II, the teaching approach was similar to cycle I, but with increased emphasis on concentration exercises.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M. Sc.; 2). Dr. Irah Kasirah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 23074 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2024 23:54
Last Modified: 23 Jul 2024 23:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46094

Actions (login required)

View Item View Item