USLUB AL-IGRHO DAN AT-TAHDZIR DIDALAM SHOHIH BUKHORI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU

Abdul Idris, . (2014) USLUB AL-IGRHO DAN AT-TAHDZIR DIDALAM SHOHIH BUKHORI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Abdul Idris.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Al-Igrho dan At-Tahdzir dari macam dan I’robnya didalam kitab Shohih Bukhori. agar hasilnya dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Nahwu bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pustaka dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi dalam Kitab Shohih Bukhori yang terdapat didalamnya Uslub Al-Igrho dan At-Tahdzir. Penelitian ini terfokus pada Uslub Al-Igrho dan At-Tahdzir yaitu : Macam-macam, dan kedudukannya. Adapun untuk menjelaskan hasil penelitian dengan terperinci digunakan tabel. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa macam Al-Igrho terdiri lima macam, yaitu: mufrod, mukarrar, ma’thuf alaihi, dengan lafad dunaka, dan dengan lafad alaika bi. Dan adapun At-Tahdzir itu ada 4 macam yaitu: mufrod, mukarrar, ma’thuf alaihi, dan dengan lafad iyya. Dan setelah melakukan penelitian ditemukan didalam Shohih Bukhori dua ,macam dari macam-macam Al-Igrho dan At-Tahdzir yaitu: mufrod dan dengan lafad alaika pada Al-Igrho. Mukarrar dan dengan lafad iyya pada At-Tahdzir. Dari penelitian ini penulis menghasilkan data-data sebagai berikut: Dari 7397 hadist dalam kitab Shohih Bukhori ditemukan 23 penemuan, penjelasannya yaitu: Al-Igrho derdapat dalam 16 hadist yang terdiri dari macam-macamnya yang berbeda yaitu: Mufrod 4: (23,52%), dengan lafad alaika bi 13: (76,47%). Dan At-tahdzir terdapat dalam 6 hadist dalam kitab Shohih Bukhori yang terdiri dari macammacamnya yang berbeda yaitu: Mukarrar 1: (16,66%), dengan lafad iyya 5: (83,33%). Adapun implikasinya pada pembelajaran nahwu pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Negeri Jakarta adalah hendaknya sumber dari hadits yang terdapat Al-Igrho dan At-Tahdzir dimasukkan dalam materi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Nahwu .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin, M.A ; 2). Muhammad Kamal, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Oct 2019 15:28
Last Modified: 22 Oct 2019 15:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item