PERANCANGAN MOTION GRAPHIC MENGENAI MINDFULNESS SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPT-LBKP UNJ DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO

NABILAH QONITAH, . (2024) PERANCANGAN MOTION GRAPHIC MENGENAI MINDFULNESS SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPT-LBKP UNJ DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mindfulness adalah kesadaran seseorang dan respon terhadap situasi yang sedang terjadi. Mindfulness dapat membantu seseorang untuk mengendalikan respon negatif berdasarkan emosi dan pikiran. Sebesar 68% atau 543 laporan konseling yang masuk ke UPT-LBKP UNJ menyatakan bahwa mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang berkonsultasi mengalami permasalahan seputar pengelolaan emosi dan pikiran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan perancangan motion graphic mengenai mindfulness yang diunggah ke Instagram UPT-LBKP UNJ. Motion graphic dianggap sesuai dengan karakteristik generasi Z, dimana mayoritas mahasiswa Universitas Negeri Jakarta tergolong ke dalam generasi Z. Dalam perancangan motion graphic ini menggunakan metode MDLC Luther-Sutopo. Motion graphic mengenai mindfulness ini diuji oleh dua ahli materi dengan presentase 100% dengan kategori “Sangat Layak”, menurut dua ahli media sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”, dan menurut 50 responden sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Motion graphic mengenai mindfulness ini dapat dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media edukasi pada Instagram UPT-LBKP UNJ. **** Mindfulness is an individual's awareness and response to the situation at hand. Mindfulness can help a person control negative responses based on emotions and thoughts. Approximately 68% or 543 counseling reports submitted to UPT-LBKP UNJ indicate that students at Universitas Negeri Jakarta who sought counseling experienced issues related to managing emotions and thoughts. To address this problem, a motion graphic on mindfulness was designed and uploaded to the Instagram account of UPT-LBKP UNJ. Motion graphics are considered suitable for Generation Z, the majority of whom make up the student body at Universitas Negeri Jakarta. The design of this motion graphic utilized the MDLC Luther-Sutopo method. This mindfulness motion graphic was evaluated by two content experts with a 100% rating in the "Very Decent" category, by two media experts with a 92% rating in the "Very Decent" category, and by 50 respondents with a 93% rating in the "Very Decent" category. This mindfulness motion graphic is deemed highly suitable for use as an educational medium on the Instagram account of UPT-LBKP UNJ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng ; 2). Ressy Dwitias Sari, S.T., M.T.I
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 23236 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 23:41
Last Modified: 24 Jul 2024 23:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46140

Actions (login required)

View Item View Item