PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI CLAIM REIMBURSEMENT BERBASIS WEBSITE DI PT CAKRA WIJAYA SOLUSI MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES

AKBAR MAULANA, . (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI CLAIM REIMBURSEMENT BERBASIS WEBSITE DI PT CAKRA WIJAYA SOLUSI MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi memungkinkan berkembangnya sistem informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, salah satunya adalah sistem reimbursement atau penggantian biaya kepada seseorang sebagai ganti uang pribadi yang telah dikeluarkan. Namun, saat ini 75% perusahaan di Indonesia masih menggunakan sistem manual untuk klaim reimbursement, termasuk PT. Cakra Wijaya Solusi yang masih menggunakan proses manual sehingga menyebabkan kehilangan bukti transaksi, penumpukan dokumen, dan terlambatnya penyampaian laporan bulanan keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang User Interface dan User Experience aplikasi Claim Reimbursement berbasis website menggunakan Metode Five Planes yang terdiri dari 5 tahap, yaitu strategy plane, scope plane, structure plan, skeleton plane, dan surface plane. Penelitian ini memberikan hasil akhir berupa High-fidelity Prototype (tahap surface plane), hasil pengujian UI menggunakan Heuristic Evaluation dengan nilai 82% yang dikualifikasikan sebagai Baik dengan keterangan Tidak Perlu Direvisi, dan Usability Testing yang diuji menggunakan metode SUS (System Usability Scale) melalui kuesioner google form yang dibagikan kepada seluruh karyawan PT. Cakra Wijaya Solusi. Hasil pengujiannya menunjukkan bahwa rancangan User Interface dan User Experience aplikasi Claim Reimbursement memiliki skor 91,5 dengan grade scale “A”, acceptable rating “acceptable”, dan adjective rating “Best Imagineable”. ***** The utilization of information technology allows for the development of the information systems needed by companies, one of which is the reimbursement system, or the replacement of expenses incurred by an individual. However, currently, 75% of companies in Indonesia still use a manual system for reimbursement claims, including PT. Cakra Wijaya Solusi, which still uses a manual process, resulting in lost transaction receipts, document accumulation, and delayed monthly financial reporting. Therefore, this study aims to design the User Interface Dan User Experience of a web-based reimbursement claim application using the Five Planes Method, which consists of five stages: strategy plane, scope plane, structure plane, skeleton plane, and surface plane. This research provides the final result in the form of a high-fidelity prototype (surface plane stage), UI testing results using Heuristic Evaluation with a score of 82% which qualifies as Good, and usability testing evaluated using the SUS (System Usability Scale) method through a Google Form questionnaire distributed to all employees of PT. Cakra Wijaya Solusi. The test results show that the User Interface Dan User Experience design of the reimbursement claim application scored 91.5, with a grade scale of "A", an acceptable rating of "acceptable", and an adjective rating of "Best Imaginable".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ressy Dwitias Sari, S.T., M.T.I. ; 2). Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:35
Last Modified: 25 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46209

Actions (login required)

View Item View Item