PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MODA TRANSJAKARTA (SURVEI PADA PENUMPANG TRANSJAKARTA KORIDOR 10 TRANSJAKARTA CILILITAN JAKARTA TIMUR)

DENI HAMDANI, . (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MODA TRANSJAKARTA (SURVEI PADA PENUMPANG TRANSJAKARTA KORIDOR 10 TRANSJAKARTA CILILITAN JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam era yang semakin berkembang saat ini, transportasi umum telah menjadi bagian penting bagi masyarakat. Namun semakin bertambahnya penumpang bahwa tidak sedikitnya pelanggan yang mengalami masalah dan merasakan kurangnya kepuasan terhadap layanan yang diberi pihak Transjakarta karena kurangnya kesimbangan dalam meningkatkan pelayanan yang sudah tersedia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan pengguna moda Transjakarta koridor 10. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pada penelitian ini, terdapat 1 variabel independen (bebas) yaitu Kualitas Layanan (X) dan 1 variabel dependen (terikat) yaitu Tingkat Kepuasan (Y). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Parasuraman, A mengenai kualitas layanan dan Irawan, H mengenai tingkat kepuasan. Penelitian ini dilakukan di koridor 10 dan dilaksanakan pada Februari-Desember 2023. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, data sekunder menggunakan dokumen, jurnal, karya ilmiah, dan buku. Sedangkan, data primer diperoleh secara langsung menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala Thurstone. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas layanan sebagai variabel bebas (X) dengan tingkat kepuasan pengguna moda Transjakarta Koridor 10 sebagai variabel terikat (Y). Hal ini terbukti dengan ditunjukkan dengan berupa model regresi Y= 10,645 + 0,641, serta hasil dari hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menujukkan bahwa variabel bebas (X) berpengaruh terhadap variabel terikat (Y) dan hipotesis H1 diterima. Hasil uji t kemudian menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh juga terhadap variabel terikat, dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 15,226 > 1,660 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Lebih lanjut, uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R² atau R Square 0,703, yang artinya mengindikasikan pengaruh sebesar 70,3% tanpa adanya variabel lain yang diteliti. *** In this increasingly developing era, public transportation has become an important part of society. However, as the number of passengers increases, quite a few customers experience problems and feel a lack of satisfaction with the services provided by Transjakarta due to a lack of balance in improving the services that are already available. Therefore, the aim of this research is to find out how much influence service quality has on the level of satisfaction of Transjakarta corridor 10 users. This study uses a quantitative approach with a survey method. In this research, there is 1 independent (free) variable, namely Service Quality (X) and 1 dependent (bound) variable, namely Satisfaction Level (Y). The theory used in this research is Parasuraman, A regarding service quality and Irawan, H regarding satisfaction level. This research was conducted in corridor 10 and carried out in February-December 2023. The number of samples in this research was 100 respondents using the Non Probability Sampling technique with Purposive Sampling type. This research uses primary and secondary data, secondary data uses document, journals, scientific works and books. Meanwhile, primary data was obtained directly by distributing questionnaires using the Thurstone scale. The data analysis technique in this research uses descriptive and inferential statistics. The findings of this research show that there is a positive influence between service quality as the independent variable (X) and the level of satisfaction of Transjakarta Corridor 10 users as the dependent variable (Y). This is proven by showing the regression model Y= 10.645+0.641, as well as the results of simple linear regression analysis with a significance value of 0.000 < 0.05. This shows that the independent variable (X) has an effect on the dependent variable (Y) and the Ha hypothesis is accepted. The result of t test the show that the independent variable also has an effect on the dependent variable, with the calculated t value being greater than the t table value, namely 15.226 > 1.660 and a significance value of 0.000 > 0.005. Furthermore, the coefficient of determination test produced an R² or R square value of 0.703, which means it indicates an influence of 70.3% without the other variables studied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si. 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 22891 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:43
Last Modified: 24 Jul 2024 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46280

Actions (login required)

View Item View Item