ANALISIS KESESUAIAN PENGETAHUAN KETEKNIKAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH YANG DIKONVERSI PADA PROGRAM MAGANG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (STUDI KASUS: PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

SITI NUR MAIRA, . (2024) ANALISIS KESESUAIAN PENGETAHUAN KETEKNIKAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH YANG DIKONVERSI PADA PROGRAM MAGANG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (STUDI KASUS: PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan mentri pendidikan dan kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa utnuk menguasai berbagai keilmuan sebagai persiapan karier masa depan. Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu prodi yang telah melaksanakan salah satu program MBKM yaitu Program Magang. Program magang merupakan kegiatan praktik kerja lapangan mahasiswa selama 1-2 semester diperusahaan mitra dengan penyetaraan 20 SKS. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kesesuaian antara pengetahuan keteknikan dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah yang dikonversi pada program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Sampel pada penelitian ini merupakan jumlah seluruh populasi atau sebanyak 63 mahasiswa yang telah selesai mengikuti program magang MBKM. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang dilakukan diawali dengan tahap pengumpulan data primer dan sekunder, tahap reduksi atap penyederhanaan data, tahap tabulasi, dan yang terakhir adalah tahap analisis dan penafsiran data yang telah diolah. Pada tahap pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket yang berupa tes pilihan ganda dengan jumlah responden 17 mahasiswa. Terdapat 105 butir soal yang diujikan dan terbagi kedalam 7 mata kuliah. Mata kuliah yang diujikan antara lain Manajemen Konstruksi, Aplikasi Manajemen Konstruksi, PTM/Jalan Raya, Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Teori/Praktik Plambing, Technopreneurship dan SI, dan Konsep Arsitektur. Pada hasil penelitian didapatkan bahwa 7 dari 7 mata kuliah konversi yang diujikan dipenelitian ini tidak terdapat kesesuaian antara pengetahuan dengan hasil belajar mahasiswa. Kata kunci : MBKM, Program Magang, Mata Kuliah Konversi, dan Kesesuaian Pengetahuan dengan Hasil Belajar. *********** Merdeka Belajar Campus Merdeka (MBKM) Program is a policy initiated by the Ministry of Education and Culture aimed at encouraging students to master various fields of knowledge in preparation for future careers. The Building Engineering Education Program at Universitas Negeri Jakarta is one of the programs that has implemented one of the MBKM programs, namely the Internship Program. The internship program is a field work practice activity for students for 1-2 semesters at partner companies with a credit conversion of 20 credits. This thesis aims to determine whether there is alignment between students' technical knowledge and learning outcomes in courses converted in the Merdeka Belajar Kampus Merdeka internship program. The sample in this study consists of the entire population or a total of 63 students who have completed the MBKM internship program. Data analysis technique used descriptive analysis with a quantitative approach. The analysis begins with the collection of primary and secondary data, data reduction and simplification, tabulation, and finally analysis and interpretation of the processed data. In the data collection phase, a questionnaire/survey method in the form of multiple-choice tests with 17 student respondents was used. There are 105 exam questions divided into 7 subjects. The subjects tested include Construction Management, Construction Management Applications, Highway Engineering, Road and Bridge Infrastructure, Plumbing Theory/Practice, Technopreneurship and Information Systems, and Architectural Concepts. The results of the study found that out of the 7 converted courses tested in this study, there was no alignment between students' knowledge and learning outcomes. Keywords: MBKM, Internship Program, Converted Courses, and Alignment of Knowledge with Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santoso Sri Handoyo, M.T. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 23539 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:06
Last Modified: 05 Aug 2024 23:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46327

Actions (login required)

View Item View Item