PENGARUH OPEN-ENDED BASED LEARNING MODIFIKASI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar)

MARYAM AUNURRAHIM, . (2024) PENGARUH OPEN-ENDED BASED LEARNING MODIFIKASI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN (24)_compressed_11zon (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode Open-Ended Based Learning Modifikasi Realistic Mathematics Education (OEBL-RME) terhadap kemampuan berpikir komputasi ditinjau dari kecemasan matematika pada siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di MI Yahya dan MI Tarbiyatul Iman, Pondokgede, Kota Bekasi dengan sampel 108 siswa kelas V yang terdiri dari 54 siswa di kelas eksperimen dan 54 siswa di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen menggunakan desain treatment by level 2x2. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan berpikir komputasi dan angket kecemasan matematika dan dianalisis dengan uji ANAVA 2 jalur menggunakan aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan metode OEBL-RME terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa dalam pembelajaran matematika; (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir komputasi; (3) kemampuan berpikir komputasi siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran OEBL-RME lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa yang memiliki kecemasan matematika rendah; dan (4) kemampuan berpikir komputasi siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran OEBL-RME lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa yang memiliki kecemasan matematika tinggi. ***** The purpose of this study is to determine the effect of the Open-Ended Based Learning Modified by Realistic Mathematics Education (OEBL-RME) method on computational thinking skills in terms of mathematics anxiety in elementary school students. The study was conducted in MI Yahya and MI Tarbiyatul Iman, Pondokgede, Bekasi using sample of 108 grade V students consisting of 54 students in the experimental class and 54 students in the control class. The research used a quasi-experimental method using treatment design by level 2x2. Data were collected using computational thinking skills tests and math anxiety questionnaires and analyzed with 2-way ANAVA test using the SPSS 27. The results showed that (1) there were some effect of OEBL-RME method on students' computational thinking skills in mathematics learning; (2) there was interaction between learning methods and mathematical anxiety to computational thinking skills; (3) the computational thinking ability of students who learn using OEBL-RME method is higher than who learn using expository methods in groups of students with low mathematical anxiety; and (4) the computational thinking ability of students who learn using OEBL-RME methods is higher than who learn using expository methods in groups of students with high mathematical anxiety.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yurniwati, M. Pd.; 2). Dr. Faisal Madani, M. Ed. Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Maryam Aunurrahim .
Date Deposited: 28 Jul 2024 23:32
Last Modified: 28 Jul 2024 23:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46360

Actions (login required)

View Item View Item