STRATEGI ADAPTASI SOPIR ANGKUTAN KOTA KONVENSIONAL PASCAKEHADIRAN MIKROTRANS JAK LINGKO DI JAKARTA (Studi Deskriptif Sopir Angkutan Kota Trayek T.09 Rute Kalisari - Pasar Rebo)

WILDAN FIDO RAMADHAN, . (2024) STRATEGI ADAPTASI SOPIR ANGKUTAN KOTA KONVENSIONAL PASCAKEHADIRAN MIKROTRANS JAK LINGKO DI JAKARTA (Studi Deskriptif Sopir Angkutan Kota Trayek T.09 Rute Kalisari - Pasar Rebo). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan sopir angkutan kota trayek T.09 masih bertahan dengan sistem konvensional pascakehadiran Mikrotrans Jak Lingko, dan (2) Mendeskripsikan strategi adaptasi yang dilakukan oleh sopir angkutan kota konvensional dalam memenuhi kebutuhan hidup dan menjaga eksistensinya di tengah persaingan dengan Mikrotrans Jak Lingko. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan, serta dokumentassi. Subjek dalam penelitian ini adalah sopir angkutan kota trayek T.09 rute Kalisari – Pasar Rebo yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para sopir angkutan konvensional masih bertahan dengan sistem lawas tersebut karena: 1) Faktor internal berupa faktor usia dan faktor kenyamanan diri. 2) Faktor eksternal berupa kebutuhan keluarga, faktor regulasi, kebutuhan masyarakat, dan ketidakpercayaan pada operator. Kemudian, strategi yang dilakukan oleh para sopir angkutan kota adalah 1) Strategi aktif dengan memanfaatkan kemampuan diri, 2) pasif dengan meminimalkan pengeluaran, serta 3) Strategi jaringan dengan memanfaatkan relasi dan hubungan kekerabatan. Jadi, alasan sopir angkutan kota konvensional masih bertahan dan menunjukkan eksistensinya karena terhambat dengan regulasi yang berlaku serta strategi adaptasi yang dilakukan dalam mempertahankan hidupnya adalah dengan memanfaatkan relasi dan bantuan serta lebih giat bekerja. Kata kunci: Angkutan Kota, Mikrotrans, Konvensional, Strategi Adaptasi, Sopir ***** This research aims to: (1) Describe the factors cause city transport drivers on route T.09 to persist with the conventional system after the presence of the Mikrotrans Jak Lingko, and (2) Describe the adaptation strategies carried out by conventional city transport drivers in meeting their living needs and maintain its existence amidst competition with Mikrotrans Jak Lingko. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out using interviews, observation, literature study, and documentation. The subjects in this research were conventional city transport drivers on the T.09 route Kalisari - Pasar Rebo, totaling 8 peoples. The research results show that conventional transport drivers still stick with the old system because: 1) Internal factors in the form of age and personal comfort factors. 2) External factors in the form of family needs, regulatory factors, community needs, and distrust of operators. Then, the strategies used by city transport drivers are 1) Active strategy by utilizing their own abilities, 2) Passive by minimizing expenses, and 3) Network strategy by utilizing relationships and kinship ties. So, the reason conventional city transport drivers still survive and show their existence is because they are hampered by the applicable regulations and the adaptation strategies, they use to maintain their lives are by taking advantage of relationships or assistance and working harder. Keywords: City Transport, Mikrotrans, Conventional, Adaptation Strategy, Driver.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. ; 2). Nandi Kurniawan, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23430 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:21
Last Modified: 25 Jul 2024 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46459

Actions (login required)

View Item View Item