TIARA ZAHRA RAMADHANI, . (2024) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG EDUWISATA BHINNEKA, KEBON KOSONG, KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (692kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tiara Zahra Ramadhani. Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Kampung Eduwisata Bhinneka, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Program Studi Diploma IV Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2024. Partisipasi masyarakat dalam pariwisata dapat diwujudkan melalui pengembangan sebuah kampung menjadi kampung wisata. Pengembangan Kampung Eduwisata Bhinneka merupakan wujud dari pemberdayaan masyarakat yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas lingkungan serta taraf hidup masyarakat setempat. Penelitian ini dilakukan di sebuah kampung wisata yang letaknya di tengah kota Jakarta yaitu Kampung Eduwisata Bhinneka, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui atraksi wisata yang terdapat di Kampung Eduwisata Bhinneka dan menganalisis bentuk serta derajat partisipasi masyarakat terhadap pengembangan Kampung Eduwisata Bhinneka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atraksi wisata Kampung Eduwisata Bhinneka sangat beragam, hampir dari seluruh masyarakat Kampung Bhinneka juga telah berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan kampung wisata dan bentuk partisipasi masyarakat pun beragam karena lebih dari satu jenis. Berdasarkan derajatnya menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kampung Eduwisata Bhinneka berada pada anak tangga ke lima yaitu penentraman (placation). Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Kampung Wisata, Atraksi Wisata, Kampung Eduwisata Bhinneka. Tiara Zahra Ramadhani. Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Kampung Eduwisata Bhinneka, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Program Studi Diploma IV Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2024. Community participation in tourism can be realized in rural tourism development into a rural tourism. The rural tourism development in Kampung Eduwisata Bhinneka is a form of community empowerment which is expected to improve the quality of the environment and the standard of local communities. The research was conducted in a rural tourism located in the center of Jakarta named Kampung Eduwisata Bhinneka, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat which uses descriptive qualitative method with the aim to know the existing tourist attraction in Kampung Eduwisata Bhinneka to analyze the participation and degree of community to the development of tourism in Kampung Eduwisata Bhinneka. The results showed that tourism attraction in Kampung Eduwisata Bhinneka was really diverse, almost all the communities of Kampung Bhinneka have participated in tourism development and form of community participation was also diverse since more than one type. Based on the degree it showed that community participation in the development Kampung Eduwisata Bhinneka is on the fifth step which is placation. Keyword: Community Participation, Rural Tourism, Tourist Attraction, Kampung Eduwisata Bhinneka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Jenal Abidin, S.Pd., M.M.Par. 2). Lala Siti Sahara, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pariwisata |
Divisions: | FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Users 22789 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:20 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46508 |
Actions (login required)
View Item |