UPAYA MENINGKATKAN DAYA TAHAN OTOT MENGGUNAKAN CIRCUIT TRAINING PADA SISWA/I KELAS X SMA PELITA TIGA JAKARTA

IAN KISWANTO, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN DAYA TAHAN OTOT MENGGUNAKAN CIRCUIT TRAINING PADA SISWA/I KELAS X SMA PELITA TIGA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (815kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya tahan otot dalam kebugaran jasmani pada siswa/i sekolah menengah atas dengan menerapkan metode circuit training. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Pelita Tiga Jakarta pada periode Mei hingga Juni 2024. Populasi penelitian berjumlah 109 siswa kelas X SMA Pelita Tiga Jakarta, sampel yang dipilih sebanyak 23 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 8 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian dilakukan dalam satu siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa norma penilaian praktik, soal, dan observasi daya tahan otot. Analisis data menghasilkan kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar daya tahan otot, yang tercermin dalam persentase rata-rata skala. Perubahan tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi siswa, di mana kategori "Baik Sekali" meningkat dari 0% menjadi 30%, kategori "Baik" meningkat dari 13% menjadi 53%, kategori "Cukup" menurun dari 26% menjadi 17%, dan kategori "Kurang" menurun dari 61% menjadi 0%. Hasil persentase pada siklus 1 setelah tes akhir telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa model pembelajaran menggunakan circuit training dapat meningkatkan daya tahan otot siswa/i sekolah menengah atas dan dapat dijadikan acuan untuk proses pembelajaran atau digunakan dalam pembelajaran agar proses pembelajaran dpaat berjalan dengan optimal. ***** This research aims to determine the increase in muscle endurance in physical fitness in high school students by applying the circuit training method. The method used was the classroom action research method, which was carried out at SMA Pelita Tiga Jakarta in the period May to June 2024. The research population was 109 students class students - 8 men and 15 women. The research was carried out in one cycle using data collection techniques in the form of practice assessment norms, questions and observations of muscle endurance. Data analysis resulted in the conclusion that there was an increase in muscle endurance learning outcomes, which was reflected in the average percentage of the scale. These changes show an increase in student achievement, where the "Very Good" category increased from 0% to 30%, the "Good" category increased from 13% to 53%, the "Fair" category decreased from 26% to 17%, and the "Fair" category Less" decreased from 61% to 0%. The percentage results in cycle 1 after the final test have met the research success criteria. Based on the results of this research, it is stated that the learning model using circuit training can increase the muscle endurance of high school students and can be used as a reference for the learning process or used in learning so that the learning process can run optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sujarwo, M.Pd. ; 2). Dwi Indra Kurniawan, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Ian Kiswanto .
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:39
Last Modified: 25 Jul 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46532

Actions (login required)

View Item View Item