ADAPTASI MAHASISWA DALAM MENGATASI CULTURE SHOCK PADA PERKULIAHAN (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2023)

ENTI AGESTIA, . (2024) ADAPTASI MAHASISWA DALAM MENGATASI CULTURE SHOCK PADA PERKULIAHAN (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN IPS FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2023). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui proses adaptasi yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNJ angkatan 2023 yang mengalami culture shock sekaligus mengidentifikasi adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa pada perkuliahan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini, yaitu 4 orang mahasiswa sebagai informan inti yang berasal dari Program Studi Pendidikan IPS FIS UNJ yang mengalami culture shock pada perkuliahan dan informan kunci yaitu Koordinator Fasil PKKMB 2023. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa dalam proses adaptasinya ketika masuk ke lingkungan perkuliahan melewati empat fase, yakni: (1) honeymoon, mahasiswa merasa sangat senang, menaruh ekspektasi, dan bersemangat terhadap lingkungan barunya, (2) crisis, mahasiswa menemukan perbedaan yang membuatnya merasakan kebingungan, terisolasi dan kesulitan berbaur, (3) recovery, mahasiswa mulai memahami budaya barunya dan menemukan cara mengatasi persoalannya, (4) adjusment, mahasiswa sudah merasa nyaman dan bisa membentuk hubungan sosial yang baik. Adapun keberhasilan adaptasi perkuliahan yang dilakukan oleh mahasiswa atas usahanya dengan bersikap terbuka, belajar mengembangkan diri, dan dukungan sosial. This study aims to: find out the adaptation process experienced by IPS FIS UNJ students class of 2023 who experience culture shock as well as identify the adaptations made by students in lectures. The methodology used is a qualitative approuch. The subjects of this study are 4 students as core informants from the IPS FIS UNJ Education Study Program who experienced culture shock in lectures and the key informants, namely the coordinator fasil of the 2023 PKKMB. The results of this study conclude that students in the process of adaptation when entering the lecture environment go through four phases, namely: (1) honeymoon, students feel very happy, set expectations, and are excited about their new environment, (2) crisis, students find differences that make them feel confused, isolated and have difficulty mingling, (3) recovery, students begin to understand their new culture and find ways to overcome their problems, (4) Adjusment, students already feel comfortable and can form good social relationships. The success of lecture adaptation carried out by students for their efforts by being open, learning to develop themselves, and social support.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si 2). Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Enti Agestia .
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:57
Last Modified: 25 Jul 2024 04:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46533

Actions (login required)

View Item View Item