MAKNA KONTEKSTUAL DALAM I’JAZ AYAT-AYAT AL-QUR’AN YANG MEMPENGARUHI HATI MANUSIA DENGAN HIDAYAH KEPADA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN ILMU DALALAH/SEMANTIK (ANALISIS ISI DALAM KISAH ORANG-ORANG YANG MENDAPAT HIDAYAH)

Adib Dailami, . (2014) MAKNA KONTEKSTUAL DALAM I’JAZ AYAT-AYAT AL-QUR’AN YANG MEMPENGARUHI HATI MANUSIA DENGAN HIDAYAH KEPADA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN ILMU DALALAH/SEMANTIK (ANALISIS ISI DALAM KISAH ORANG-ORANG YANG MENDAPAT HIDAYAH). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(Adib Dailami_271096426) Makna Kontekstual Dalam Ayat Al-Qur'an.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas tentang Pengaruh I’jaz Ayat-ayat Al-Qur’an yang Mempengaruhi terhadap Hati Manusia dengan Hidayah Kepada Islam dari Aspek Makna Kontekstual agar hasilnya dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Ilmu Dalalah/Semantik bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pustaka dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis makna kontekstual yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang mempengaruhi hati manusia dengan hidayah kepada Islam. Penelitian ini dilengkapi dengan menggunakan tabel khusus untuk memperinci data hasil penelitian. Berdasarkan analisis data makna kontekstual terhadap i’jaz ayatayat al-qur’an yang mempengaruhi hati manusia dengan hidayah kepada Islam dan implikasinya terhadap pengajaran ilmu dalalah (semantik), lalu peneliti memberikan kesimpulan bahwa di dalam 23 surat di dalam AlQur’an terdapat 67 ayat yang mempengaruhi hati manusia dengan hidayah kepada Islam, yaitu: Dalam Surat Al-Fatihah terdapat 7 ayat, yaitu pada ayat (1-7), dalam surat Al-Baqarah terdapat 2 ayat yaitu pada ayat (186 dan 256), dalam surat Ali Imran terdapat 4 ayat yaitu pada ayat (19, 59-60, dan 85), dalam surat Annisa terdapat 2 ayat yaitu pada ayat (56 dan 171), dalam surat Al-Maidah terdapat 6 ayat yaitu pada ayat (82-84 dan 116-118), pada surat Al-An’am terdapat 4 ayat yaitu pada ayat (103-104, 125, dan 164), dalam surat Al-A’raf terdapat 2 ayat yaitu pada ayat (157-158), dalam surat Al-Hijr terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (9), dalam surat An-Nur terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (35), dalam surat Al-Ahzab terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (35), dalam surat saba’ terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (48), dalam surat Fathir terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (24), dalam surat Az-Zumar terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (42), dalam surat Asy-Syura terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (11), dalam surat Al-Hujurat terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (10), dalam surat Al-Hasyr terdapat 1 ayat yaitu pada ayat (2), dalam surat Al-Mulk terdapat 2 ayat yaitu pada ayat (1-2), dalam surat Al-Jin terdapat 3 ayat yaitu pada ayat (1-2, dan 13), dalam surat AnNaba’ terdapat 4 ayat ayat yaitu pada ayat 6-9, dalam surat ‘Abasa terdapat 11 ayat yaitu pada ayat (1-11), dalam surat Al-Fajr terdapat 4 ayat yaitu pada ayat (27-30), dalam surat An-Nashr terdapat 3 ayat yaitu pada ayat (1-3), dan dalam surat Al-Ikhlas terdapat 3 ayat, yaitu pada ayat (1-4). Dari 23 surat di dalamnya terdapat 67 ayat yang mempengaruhi hati manusia dengan hidayah kepada Islam, yang berkaitan dengan masalah-masalah meliputi: 1) Aqidah 11 ayat, 2) Ubudiyah 13 ayat, 3) kesetaraan 1 ayat, 4) I’jazul Qur’an 11 ayat, 5) Ilmu kejiwaan. Dan terdapat 25 orang yang terpengaruh dengan ayat-ayat AlQur’an dari segi 3 hal; 1) dari sisi sosial terdapat 8 orang, 2) dari sisi ilmiah 12 orang, dan 3) dari keduanya. Adapun implikasinya pada pembelajaran Ilmu Dalalah/Semantik pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Negeri Jakarta adalah hendaknya seorang pendidik menggunakan teks-teks AlQur’an dimasukkan dalam materi pembelajaran agar memperoleh pemahaman yang mendalam dan luas pada Ilmu Dalalah/Semantik secara umum, dan khususnya dalam pembelajaran materi makna kontekstual terhadap i’jaz ayat-ayat Al-Qur’an yang mempengaruhi hati manusia dengan hidayah kepada Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Shafruddin Tadjuddin, M.A. ; 2). Mohamad Sarip, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Oct 2019 15:39
Last Modified: 22 Oct 2019 15:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item