PENGARUH PENERAPAN MEDIA KUIS KAHOOT! TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 3 DEPOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH

HILDA AMALIA, . (2024) PENGARUH PENERAPAN MEDIA KUIS KAHOOT! TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 3 DEPOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komponen pendukung yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting di sekolah dan memberikan berbagai manfaat dalam proses pendidikan. Salah satu platform yang dapat dengan mudah di akses yaitu aplikasi Kahoot!. Aplikasi Kahoot! diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media kuis Kahoot! terhadap minat belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Depok pada mata pelajaran Sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan variabel X (Media Kuis Kahoot!) dan variabel Y (Minat Belajar). Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata dari post test kelas kontrol adalah 83,5 sedangkan untuk nilai hasil post test kelas eksperimen adalah 87,17. Dari hasil pengujian hipotesis hasil uji independent sample t-test tesebut, dapat diketahui bahwa nilai pada kolom sig.(2-taired) menunjukkan sebesar 0.003 < 0.005. Sehingga dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa H₀ diterima karena nilai signifikansi kurang dari 0,05. Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa penggunaan media Kahoot! dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Negei 3 Depok. ***** In achieving learning objectives, supporting components are needed, one of which is learning media. Learning media has a very important role in schools and provides various benefits in the learning process. One of the platforms that can be easily accessed is the Kahoot! application. Kahoot! application can be an effective solution to improve learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of the application of Kahoot! quiz media on the learning interest of class X students at SMA Negeri 3 Depok in History subjects. The research method used is Quantitative with variable X (Kahoot! Quiz Media) and variable Y (Learning Interest). The results of this study showed that the average value of the control class posttest was 83.5 while for the experimental class posttest value was 87.17. From the results of hypothesis testing the results of the independent sample t-test test, it can be seen that the significance value in the sig. (2-taired) column shows 0.003<0.005. So from this value it can be seen that H0 is accepted because the significance value is less than 0.05. Therefore, it can be concluded that the use of Kahoot! media in the teaching and learning process can increase students interest in learning at SMA Negei 3 Depok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Fakhruddin, M.Si. ; 2). Firdaus Hadi Santosa, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 23698 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 22:48
Last Modified: 28 Jul 2024 22:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46646

Actions (login required)

View Item View Item