ANUGRAH FEBRIANSYAH, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SAYING” PADA MATERI SHALAT SUNNAH MU’AKKAD DAN GHAIRU MU’AKKAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTSN 1 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Anugrah Febriansyah, Pengembangan Media Pembelajaran SAYING pada Materi Shalat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTSN 01 Kota Bekasi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2024 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada Materi Shalat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad, (2) Merancang model media pembelajaran pada Materi Shalat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad, (3) Membuat dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran SAYING yang layak digunakan sebagai media pembelajaran Materi Shalat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad, (4) Mengimplementasikan media pembelajaran SAYING pada Materi Shalat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad, (5) Mengevaluasi media pembelajaran SAYING pada Materi Shalat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Tahap Analysis, melakukan studi pendahuluan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Tahap Design, tahap pembuatan Diagram alur (flowchart) dan Papan Cerita (Storyboard). Tahap Development, pengembangan hingga menjadi sebuah media yang siap untuk di validasi serta di ujicoba. Tahap Implementation, peserta didik mengerjakan soal pretest sebelum dan posttest setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran SAYING. Tahap Evaluation, mengevaluasi hasil pada tahapan-tahapan yang telah dilalui serta melakukan revisi terhadap media. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-10 di MTSN 01 Kota Bekasi. Teknik analisis validitas instrumen kelayakan media menggunakan SBI, sedangkan untuk analisis hasil belajar menggunakan Normalized Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata nilai pretest sebesar 60% dari 100% sedangkan, rata-rata nilai posttest sebesar 83% dari 100%. Adapun nilai interval Normalized Gain yang diperoleh yaitu sebesar 0,575 yang termasuk dalam kategori sedang sehingga media pembelajaran SAYING ini dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi Shalat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad. ***** The purpose of this study is to find out: (1) Analyzing the needs of learning media on Sunnah Mu'akkad and Ghairu Mu'akkad Prayer Materials, (2) Designing a learning media model for Sunnah Mu'akkad and Ghairu Mu'akkad Prayer Materials, (3) Making and producing products in the form of SAYING learning media that are suitable for use as learning media for Sunnah Mu'akkad and Ghairu Mu'akkad Prayer Materials, (4) Implementing SAYING learning media on Sunnah Mu'akkad Prayer Materials and Ghairu Mu'akkad, (5) Evaluating SAYING learning media on the Sunnah Mu'akkad and Ghairu Mu'akkad Prayer Material. The type of research used is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model developed by Robert Maribe Branch. The Analysis stage, conducting a preliminary study of the problems faced in learning. Design stage, flowchart and Storyboard creation stage. The Development stage, development until it becomes a media that is ready to be validated and tested. In the Implementation stage, students work on pretest questions before and after participating in learning using SAYING learning media. The Evaluation stage, evaluates the results at the stages that have been passed and makes revisions to the media. The subject of this study is students in grades VII-10 at MTSN 01 Bekasi City. The technique of analyzing the validity of media feasibility instruments uses SBI, while for the analysis of learning outcomes uses Normalized Gain. The results of the study showed that: the average pretest score was 60% out of 100% while the average posttest score was 83% out of 100%. The value of the Normalized Gain interval obtained is 0.575 which is included in the medium category so that this SAYING learning media can be said to be effective in improving learning outcomes in the Sunnah Mu'akkad and Ghairu Mu'akkad Prayer materials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Firdaus Wajdi, M.A., Ph.D. ; 2). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag., M.A |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 23611 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 11:00 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 11:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46675 |
Actions (login required)
View Item |