PERAN KOMUNITAS DALAM SOSIALISASI NILAI KARAKTER PADA ANAK MELALUI MENDONGENG (STUDI KASUS: KAMPUNG DONGENG INDONESIA DI TANGERANG SELATAN)

DEA SETIYAWATI, . (2020) PERAN KOMUNITAS DALAM SOSIALISASI NILAI KARAKTER PADA ANAK MELALUI MENDONGENG (STUDI KASUS: KAMPUNG DONGENG INDONESIA DI TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Komunitas Dalam Sosialisasi Nilai Karakter Pada Anak Melalui Mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan mendongeng. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan strategi yang dilakukan komunitas untuk menyosialisasikan nilai-nilai karakter pada anak melalui mendongeng. Selanjutnya juga bertujuan untuk mendeskripsikan dampak dari sosialisasi nilai-nilai karakter pada anak melalui mendongeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 8 informan yang terdiri dari 1 founder, 4 relawan dan 3 orangtua. Konsep untuk menganalisis data yang digunakan yaitu Konsep Sosialisasi, Pendidikan Karakter dan Anak. Berdasarkan temuan data yang diperoleh menunjukkan, nilai karakter yang disosialisasikan oleh komunitas ialah berkenaan dengan nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai kepedulian sosial dan nilai mencintai sesama makhluk hidup. Nilai-nilai tersebut diharapkan bisa tertanam ke dalam karakter anak-anak Indonesia dan dapat terimplementasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyosialisasikan nilai-nilai karakter melalui mendongeng, komunitas memiliki strategi berupa program mendongeng nasional untuk mensukseskan pemerataan sosialisasi nilai karakter ke seluruh pelosok Indonesia. Dalam mendongeng, komunitas menggunakan berbagai media dongeng yang membantu pendongeng untuk masuk dan bermain di dunia anak. Hasil dari sosialisasi nilai karakter pada anak melalui mendongeng memunculkan dua hal yang berbeda. Perbedaan itu terlihat dari anak yang mengalami perubahan sikap secara signifikan setelah terbiasa mendengarkan dongeng dan anak yang mengalami perubahan sikap namun tidak signifikan setelah terbiasa mendengarkan dongeng. Perubahan sikap secara signifikan terlihat dari meningkatnya rasa percaya diri, kemandirian, menghargai orang lain, kepedulian sosial dan anak lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain. Kata Kunci: Sosialisasi, Nilai Karakter, Dongeng ABSTRACT Dea Setiyawati. The Role of Communities in the Socialization of Character Values in Children Through Storytelling (Case Study: Kampung Dongeng Indonesia in Tangerang Selatan). Thesis of Sociology Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2020. This study is entitled The Role of Communities in the Socialization of Character Values in Children Through Storytelling. This study aims to describe the character values in storytelling activities. This study also aims to describe the strategies carried out by the community to socialize character values in children through storytelling. Furthermore, it also aims to describe the impact of the socialization of character values in children through storytelling. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques used were interviews, observation, documentation, and literature study. The subjects used in this study were 8 informants consisting of 1 founder, 4 volunteers and 3 parents. The concept to analyze the data used is the concept of Socialization, Character Education and Children. Based on the findings of the data obtained shows that the character value socialized by the community is related to the value of honesty, tolerance, social care values and the value of loving fellow living beings. These values are expected to be embedded in the character of Indonesian children and can be implemented in everyday life. In socializing character values through storytelling, the community has a strategy in the form of a national storytelling program to succeed in the even distribution of character values to all corners of Indonesia. In storytelling, the community uses a variety of fairytale media that help storytellers to enter and play in the world of children. The results of the socialization of character values in children through storytelling bring up two different things. The difference is seen from children who experience changes in attitude significantly after accustomed to listening to fairy tales and children who experience changes in attitude but not significantly after accustomed to listening to fairy tales. Significant attitude changes can be seen from the increase in self-confidence, independence, respect for others, social care and children are easier to socialize with others. Kata Kunci: Socialization, Character Value, Fairy Tales

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syaifudin, M.Kesos. ; 2). Suyuti, S.Pd.I, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 1398 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2020 13:57
Last Modified: 20 Mar 2020 13:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item