PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR, PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN KETENAGALISTRIKAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PUTRI AJI YULIANTI, . (2024) PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR, PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN KETENAGALISTRIKAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh pengalaman belajar terhadap kepercayaan diri; 2) Mengetahui pengaruh pengalaman praktik mengajar terhadap kepercayaan diri; 3) Mengetahui pengaruh pengalaman belajar terhadap kesiapan menjadi guru; 4) Mengetahui pengaruh pengalaman praktik mengajar terhadap kesiapan menjadi guru; 5) Mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap kesipan menjadi guru; dan 6) Mengetahui pengaruh kepercayaan diri pada pengalaman belajar dan pengaaman praktik mengajar terhadap kesiapan menjadi guru. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yang sedang dan telah melaksanakan Program Keterampilan Mengajar (PKM) yang berjumlah 163 orang dengan pengambilan sampel sebanyak 62 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil uji validitas dan reliabitilas menggunakan Pearson dan Cronbach menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji multikoliearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pengalaman belajar berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan diri sebesar 32,4%; 2) Pengalaman praktik mengajar berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan diri sebesar 40,1%; 3) Pengalaman belajar berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru produktif kompetensi keahlian ketenagalistrikan 32,6%; 4) Pengalaman praktik mengajar berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru produktif kompetensi keahlian ketenagalistrikan sebesar 39,2%; 5) Kepercayaan diri berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru produktif kompetensi keahlian ketenagalistrikan 15,5%; 6) Kepercayaan diri mengintervensi pengaruh pengalaman belajar dan pengalaman praktik mengajar terhadap kesiapan menjadi guru produktif kompetensi keahlian ketenagalistrikan sebesar 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh langsung dan tidak langsung pada pengalaman belajar dan pengalaman praktik mengajar terhadap kesiapan menjadi guru melalui kepercayaan diri.***** The aim of this research is to: 1) Find out the influence of learning experiences on confidence; 2) Knowing the influence of practical teaching experience on self-confidence; 3) Knowing the influence of learning experiences on readiness to become a teacher; 4) Knowing the influence of practical teaching experience on readiness to become a teacher; 5) Knowing the influence of self-confidence on readiness to become a teacher; and 6) Knowing the influence of self-confidence on learning experiences and experience of teaching practice on readiness to become a teacher. The population in this study were Electrical Engineering students who were currently or had implemented the Teaching Skills Program, totaling 163 people with a sample of 62 people. This research uses quantitative methods with a path analysis approach. Data collection uses questionnaires. The results of validity and reliability tests using Pearson and Cronbach produced valid and reliable instruments. Next, test the analysis requirements using the normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and autocorrelation test. The results of this research show: 1) Learning experience has a direct effect on self-confidence by 32.4%; 2) Practical teaching experience has a direct effect on self-confidence by 40.1%; 3) Learning experience has a direct influence on readiness to become a productive teacher with electricity skills competency 32.6%; 4) Practical teaching experience has a direct influence on readiness to become a productive teacher with electricity skills competency by 39.2%; 5) Self-confidence has a direct effect on readiness to become a productive teacher with electricity skills competency 15.5%; 6) Self-confidence intervenes in the influence of learning experience and teaching practice experience on readiness to become a productive teacher with electricity expertise competency by 88%. So it can be concluded that there is a direct and indirect influence on learning experiences and teaching practice experiences on readiness to become a teacher through self-confidence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daryanto, M.T. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 23529 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:50
Last Modified: 26 Jul 2024 04:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46728

Actions (login required)

View Item View Item