PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS VII D DI SMP NEGERI 222 JAKARTA)

RANIA TINESIA ALIFA, . (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS VII D DI SMP NEGERI 222 JAKARTA). Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Lampiran-Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII-D yang berjumlah 36 siswa di SMP Negeri 222 Jakarta sejak bulan Maret sampai bulan Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 33% atau sebanyak 12 siswa mencapai nilai di atas KKM 77 dengan rata-rata hasil belajar 67, pada siklus 2 sebesar 72% atau sebanyak 26 siswa mencapai nilai di atas KKM 77 dengan rata-rata hasil belajar 82, dan pada siklus 3 sebesar 92% atau sebanyak 33 siswa mencapai di atas KKM 77 dengan rata-rata hasil belajar 89. Selain hasil belajar yang meningkat, keaktifan siswa juga terjadi peningkatan pada setiap siklusnya yang diukur dengan empat aspek kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, kemampuan berpendapat, dan kemampuan memecahkan masalah. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VII D SMP Negeri 222 Jakarta dengan menggunakan penerapan media pembelajaran Wordwall. ***** This research aims to determine the implementation of Wordwall learning media in enhancing students' learning outcomes in Social Studies. The research was conducted in class VII-D, consisting of 36 students at SMP Negeri 222 Jakarta from March to May 2024. The research method used was classroom action research conducted in three cycles, each consisting of four stages: Planning, Acting, Observing, and Reflecting. Based on the research results, there was an improvement in learning outcomes in each cycle. In Cycle 1, 33% or 12 students achieved scores above the Minimum Passing Grade (MPG) of 77 with an average learning outcome of 67. In Cycle 2, 72% or 26 students achieved scores above MPG 77 with an average learning outcome of 82. In Cycle 3, 92% or 33 students achieved scores above MPG 77 with an average learning outcome of 89. In addition to improved learning outcomes, student engagement also increased in each cycle, measured across four aspects: questioning ability, answering ability, opinion-forming ability, and problem-solving ability. The research findings demonstrate an improvement in learning outcomes and student engagement in class VII-D at SMP Negeri 222 Jakarta through the implementation of Wordwall learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23836 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 23:31
Last Modified: 29 Jul 2024 23:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46841

Actions (login required)

View Item View Item