MODEL PEMBELAJARAN GERAK MANIPULATIF (MENENDANG) BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR

APRILLILAH KARTIKA, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN GERAK MANIPULATIF (MENENDANG) BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN GERAK MANIPULATIF BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR ABSTRAK Pendidikan jasmani merupakan proses penting dari proses pendidikan. Melalui pendidikan jasmani yang dijalankan dengan baik, siswa akan mengembangkan keterampilan yang berguna bagi hidupnya, terlibat dalam setiap aktivitas yang kondusif untuk mengembangkan pola hidup sehat dan bugar. Dalam proses pendidikan jasmani gerak manipulatif merupakan rangkaian gerak yang penting. Gerak manipulatif yaitu kemampuan mengontrol sebuah objek dalam melakukan berbagai macam gerakan. Contoh dari gerak Manipulatif yaitu, memukul bola, menendang bola, melakukan dribbling dengan tangan dan kaki, melempar dan masih banyak lagi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Dimana terdapat 3 tahapan dalam model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini berjumlah 15 model yang layak. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani yang ada di sekolah dasar guru cenderung memberikan materi pembelajaran gerak manipulatif menggunakan metode komando serta kurangnya pembaharuan dan variasi dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil yang efektif maka peneliti tersebut membuat model pembelajaran gerak manipulatif berbasis permainan pada siswa kelas atas sekolah dasar. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Manipulatif, Menendang Bola, Permainan dan Sekolah Dasar *********** A ROLE-BASED MANIPULATIVE MOTION LEARNING MODEL ON AN ELITE ELEMENTARY SCHOOL STUDENT ABSTRACT Physical education is an important process of the educational process. Through well-executed physical education, students will develop skills that are useful for their lives, being involved in every activity that is conducive to developing a healthy and fit lifestyle. In the physical education process, manipulative movements are an important series of movements. Manipulative movement is the ability to control an object by carrying out various kinds of movements. Examples of manipulative movements are hitting the ball, kicking the ball, dribbling with hands and feet, throwing and many more. The research method used in this research is research and development using the ADDIE model. Where there are 3 stages in the ADDIE model, namely analysis, design, development. There are 15 feasible models developed in this research. In the physical education learning process in elementary schools, teachers tend to provide manipulative movement learning materials using command methods and there is a lack of renewal and variation in learning. To get effective results, the researcher created a game-based manipulative movement learning model for upper elementary school students. Keywords: Learning Models, Manipulatives, Kicking the Ball, Games and Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd. ; 2). Slamet Sukriadi, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 23675 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 23:40
Last Modified: 28 Jul 2024 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46901

Actions (login required)

View Item View Item