PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT KOLONG DI CIPUTAT SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK ANAK-ANAK JALANAN

ACHMAD DAULAH ALDY, . (2024) PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT KOLONG DI CIPUTAT SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK ANAK-ANAK JALANAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat sebagai sarana pendidikan nonformal untuk anak-anak jalanan dan kendala yang dihadapi Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk anak-anak jalanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian yaitu pengurus Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat dan peserta didik Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat berperan aktif dalam melaksanakan berbagai aktifitas pendidikan. Peran yang diterapkan oleh Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat dalam melaksanakan pendidikan nonformal yaitu peran memfasilitasi (fasilitative roles), peran mendidik (educational roles), peran representasi (representational roles), dan peran teknis (technical roles). Kendala yang dihadapi oleh Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat dalam melaksanakan pembelajaran terbagi menjadi kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal meliputi keterampilan dan kinerja pengurus yang masih kurang dan anggaran dana atau keuangan. Kendala eksternal meliputi lokasi pembelajaran, gangguan eksternal atau luar, dan keterlibatan masyarakat. Kata Kunci: Peran, Taman Bacaan Masyarakat, Pendidikan Nonformal ***** This research was conducted to describe the role of Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat as a means of non-formal education for street children and the obstacles faced by Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat in carrying out learning activities for street children. The research method used is descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques through observation, interviews, documentation, and literature study. The subjects in this study were the administrators of Kolong Ciputat Community Reading Gardens and students of Kolong Ciputat Community Reading Gardens. The results showed that Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat plays an active role in carrying out various educational activities. The roles applied by Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat in implementing non-formal education are facilitative role, educative role, representational role, and technical role. The obstacles faced by Taman Bacaan Masyarakat Kolong Ciputat in implementing learning are divided into internal and external obstacles. Internal constraints include the skills and performance of managers who are still lacking and budget or finance. External constraints include the location of learning, external interference, and community involvement. Keywords: Role, Community Reading Gardens, Non-formal Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Shahibah Yuliani, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23355 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 03:15
Last Modified: 28 Jul 2024 03:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46912

Actions (login required)

View Item View Item