KURNIA NURFIYANTI, . (2024) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI BERMEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELI PENGGUNA LAYANAN APLIKASI DIGITAL DISNEY+ HOTSTAR (STUDI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @disneyplushotstarid). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (725kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (609kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
Abstract
Maraknya penggunaan internet dewasa ini membuat masyarakat semakin menyukai dunia maya. Segala kemudahan yang ditawarkan dunia maya membuat masyarakat juga semakin menyukai kepraktisan, termasuk dalam hal menonton film yang saat ini bisa dilakukan secara legal kapanpun dan dimanapun. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh intensitas komunikasi bermedia sosial terhadap minat pengguna layanan aplikasi digital, dalam hal ini followers akun instagram @disneyplushotstarid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Terdapat satu variabel bebas yaitu Intensitas Komunikasi (X) dan satu variabel terikat yaitu Peningkatan Minat Beli (Y). Teori yang digunakan peneliti gunakan yaitu teori dari Joseph A. Devito mengenai intensitas komunikasi dan Augusty Ferdinand mengenai minat beli. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret 2023 – Juni 2024. Respondennya adalah para pengguna aplikasi Disney+ Hotstar yang juga menjadi pengikut akun instagramnya yaitu @disneplushotstarid. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dengan menyebarkan kuesioner berskala Guttman. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan dibantu oleh Microsoft Excel dan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas komunikasi bermedia sosial terhadap peningkatan minat beli pengguna aplikasi Disney+ Hotstar. Terbukti melalui hasil nilai uji Wald sebesar 0,034 < 0,05, yang mengartikan bahwa variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Selain itu, berdasarkan uji Hosmer and Lemeshow yang menghasilkan nilai signifikansi 0,729 > 0,05 bisa dikatakan juga bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini telah sesuai dengan data. Di sisi lain, dalam uji koefisiensi Nagelkerke pun dapat terlihat bahwa intensitas komunikasi berpengaruh sebesar 41,2% terhadap variabel minat beli, sementara 58,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. ***** The widespread use of the internet today makes people increasingly like cyberspace. All the conveniences offered by the virtual world make people increasingly like practicality, including when it comes to watching films which can now be done legally anytime and anywhere. Therefore, this research was conducted to find out whether there is an influence of the intensity of social media communication on the interest of digital application service users, in this case followers of the Instagram account @disneyplushotstarid. This research uses a quantitative approach with survey methods. In this research, there is one independent variable, namely Communication Intensity (X) and one dependent variable, namely Increased Purchase Interest (Y). The theory used in this research is the theory of Joseph A. Devito regarding communication intensity and Augusty Ferdinand regarding buying interest. This research was conducted from March 2023 – June 2024. The respondents were users of the Disney+ Hotstar application who were also followers of the Instagram account, namely @disneplushotstarid. The number of samples in this research was 100 people. The sampling technique used by researchers in this research is a non-probability sampling technique with purposive sampling type. This research uses primary data obtained directly by distributing questionnaires using the Guttman Scale. The data analysis technique in this research uses descriptive and inferential statistics assisted by Microsoft Excel and SPSS version 26. The results of this research show that there is an influence between the intensity of social media communication on increasing purchasing interest for users of the Disney+ Hotstar application. This can be proven by the Wald test value of 0.034 < 0.05, which means that the independent variable has an influence on the dependent variable and it can be said that the alternative hypothesis is accepted. Apart from that, based on the Hosmer and Lemeshow test which produces a significance value of 0.729 > 0.05, it can also be said that the model used in this research is appropriate to the data. On the other hand, in the Nagelkerke coefficient test it can be seen that communication intensity has a 41.2% influence on the purchase interest variable, while the other 58.8% is influenced by other factors outside the research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si. ; 2). Dr. Yuanita Aprilandini, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 23336 not found. |
Date Deposited: | 28 Jul 2024 03:11 |
Last Modified: | 28 Jul 2024 03:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46918 |
Actions (login required)
View Item |