PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL HYPERCONTENT BAGI PENGURUS KARANG TARUNA DALAM MENINGKATKAN KAPASITAS PENGELOLAAN DATA UNTUK LAPORAN PENERIMA DANA SOSIAL

EMI MUAMANAH, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL HYPERCONTENT BAGI PENGURUS KARANG TARUNA DALAM MENINGKATKAN KAPASITAS PENGELOLAAN DATA UNTUK LAPORAN PENERIMA DANA SOSIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (929kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan media E-Modul Hypercontent dengan tujuan untuk pelatihan pengelolaan data menggunakan aplikasi Ms. Excel bagi Pengurus Karang Taruna Cilangkap Depok. Model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) digunakan untuk menghasilkan modul yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (RnD) digunakan sebagai metode penelitian ini dengan menggunakan instrumen angket media (validasi ahli dan peserta), tes (pretest-posttest) dan lembar unjuk kerja untuk pengumpulan data. Sebanyak 22 pengurus Karang Taruna dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa E-Modul Hypercontent yang telah diuji kelayakan materi dan medianya dapat meningkatkan pemahaman peserta pelatihan, dari rata-rata 59 (pre-test) menjadi 81 (post-test) dengan kategori cukup tinggi. Kemampuan unjuk kerja mereka dalam mengelola data juga meningkat signifikan, dengan perolehan 93,86%. Kesimpulannya, E-Modul Hypercontent terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas Pengurus Karang Taruna Cilangkap dalam mengelola data, khususnya untuk pembuatan laporan penerimaan bantuan sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi pada peningkatan efisiensi kinerja dan akuntabilitas Karang Taruna Kelurahan Cilangkap Tapos Depok. Kata kunci: E-Modul Hypercontent, Pengelolaan Data, Karang Taruna, Pengembangan Media. ***** This research discusses the development of Hypercontent E-Module media with the objectives of training for data analysis using Ms. Excel for Karang Taruna Cilangkap Depok members. To produce effective modules, the ADDIE (Analysis, Design, Pengembangan, Implementation, and Evaluation) model of development is used. This research’s methodology is research and development (R&D), and this research uses angket media (validation of hypotheses and respondents), tes (pretest-posttest), and workbook for data collection. In this research, there are twenty-two Karang Taruna members as a respondents. The results show that the Hypercontent E-Module which has been tested for the appropriateness of the material and media can increase the training participants' understanding, from an average of 59 (pre-test) to 81 (post-test) with a fairly high category. Their work performance in data collection also increased significantly, with a rate of 93,86%. In conclusion, the Hypercontent E-Module has proven to be effective in increasing the capacity of Pengurus Karang Taruna Cilangkap in managing data, especially when it comes to creating reports on the recipients of social assistance programs. This research makes a contribution to improving work efficiency and accountability of Karang Taruna Kelurahan Cilangkap Tapos Depok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Durotul Yatimah, M. Pd; 2). Drs. Sri Koeswantono Wongsonadi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 22987 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 23:15
Last Modified: 28 Jul 2024 23:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46979

Actions (login required)

View Item View Item