PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 169 JAKARTA

FATHIHAH ARSYI, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 169 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakankan dalam penelitian ini adalah metode quasi-experiment dengan desain post-test only control group. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D di SMP Negeri 169 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan cluster random sampling. Kemampuan komunikasi matematis siswa diukur dengan instrumen tes berupa tiga butir soal uraian pada materi persamaan garis lurus dan telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, didapat bahwa t_hitung=2,972 dan t_tabel=0,063 sehingga nilai dari t_hitung>t_tabel, maka tolak H_0 yang berarti rata-rata kemampuan komunikasi matematiss siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan siswa pada kelas kontrol. Nilai Cohen’s effect size yang diperoleh adalah 0.70 yang termasuk pada kategori besar dengan persentase 76%. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bawah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 169 Jakarta. ***** This study aims to determine the effect of cooperative integrated reading and composition model with constructivism approach on students’ mathematical communication ability. The method used is quasi-experiment method with post-test only control group design. The samples in this study were students of class VIII-C and VIII-D in SMP Negeri 169 Jakarta. The sampling technique used are purposive sampling and cluster random sampling. The ability of mathematical communication is measured using a test that included three description questions on linear equation, that has been proved valid and reliable. The result of hypothesis testing using t-test with a significance of α=0,05, obtained that t_value=2,972 and t_value=0,063 so that t_value>t_table, then H_0 is being rejected, which means the average of mathematical communication ability of experimental class students is higher than control class students. The value of Cohen’s effect size obtained is 0,70 which is included in the large category with a percentage of 76%. Based on the result that has been obtained, it can be concluded that there is an effect from the application of the cooperative integrated reading and composition model with constructivism approach on mathematical communication of SMP Negeri 169 Jakarta students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si. 2). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 23167 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 00:34
Last Modified: 29 Jul 2024 00:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46985

Actions (login required)

View Item View Item