DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP PRODUK ONIGIRI SUBSTITUSI BERAS KETAN PUTIH DENGAN ISIAN OPOR AYAM DAN PELENGKAP SERUNDENG

NATALIA ENJELIKA, . (2024) DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP PRODUK ONIGIRI SUBSTITUSI BERAS KETAN PUTIH DENGAN ISIAN OPOR AYAM DAN PELENGKAP SERUNDENG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil uji daya terima konsumen dari onigiri substitusi beras ketan putih dengan isian opor ayam dan pelengkap serundeng, dengan penilaian yang meliputi aspek warna, rasa, aroma, tekstur, dan bentuk. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Program Studi Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta dan Jabodetabek. Metode Penelitian yang digunakan dalam jenis penelitian ini adalah metode survei dengan pemberian sampel onigiri ketan putih dengan jumlah perbandingan persentase 10%, 20%, dan 30% dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Uji coba konsumen berupa uji hedonik dilakukan dengan cara menguji kan pada 25 kelompok mahasiswa (agak terlatih) yang telah lulus mata kuliah Pengolahan Makanan Nusantara, Bumbu dan Rempah, Fusion Food, dan Perilaku Konsumen di Program Studi Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta sebanyak dan 75 kelompok masyarakat luar (tidak terlatih). Data yang diperoleh dari hasil uji coba daya terima konsumen di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji daya terima konsumen menunjukkan bahwa onigiri substitusi beras ketan putih pada kelima aspek penilaian berdasarkan peringkat uji hedonik yang ditentukan oleh peneliti menunjukkan rata-rata nilai tertinggi pada persentase 10% dengan aspek warna (4,19) dengan kategori suka, aspek rasa (4,39) dengan kategori suka, aspek aroma (4,22) dengan kategori suka, aspek tekstur (4,17) dengan kategori suka, dan aspek bentuk (4,41) dengan kategori suka. ***** This research aims to obtain consumer acceptability test results from onigiri substituted with white sticky rice with chicken opor filling and serundeng as a complement, with an assessment that includes aspects of color, taste, aroma, texture and shape. This research was conducted at the Laboratory of the Culinary Arts and Food Service Management Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta and Jabodetabek. The research method used in this type of research is a survey method by providing samples of white sticky rice onigiri with a percentage ratio of 10%, 20% and 30% and using a questionnaire as a data collection tool. Consumer trials in the form of hedonic tests were carried out by testing 25 groups of students (somewhat trained) who had passed the Indonesian Food Processing, Seasonings and Spices, Fusion Food and Consumer Behavior courses in the Culinary Arts and Food Service Management Study Program, Faculty of Engineering , Jakarta State University and 75 outside community groups (untrained). Data obtained from the results of consumer acceptance trials were analyzed using descriptive analysis. The results of the consumer acceptability test show that the onigiri substitute for white sticky rice in the five aspects of assessment based on the hedonic test ranking determined by the researcher shows the highest average score at a percentage of 10% with the color aspect (4.19) with the liking category, the taste aspect (4 .39) with the like category, aroma aspect (4.22) with the like category, texture aspect (4.17) with the like category, and shape aspect (4.41) with the like category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Mahdiyah, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan
Depositing User: Users 23805 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:01
Last Modified: 29 Jul 2024 01:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47032

Actions (login required)

View Item View Item