BUNGA AZHARA ROSALISA, . (2024) PREFERENSI TEMPAT NONGKRONG DALAM MEMBENTUK GAYA HIDUP BERDASARKAN SIKLUS FINANSIAL (STUDI KASUS : 5 KARYAWAN DI KAWASAN BENDUNGAN HILIR, JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (927kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini secara garis besar bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai alasan dalam memilih preferensi tempat nongkrong, dampak preferensi tempat nongkrong terhadap pembentukan gaya hidup, dan pertimbangan kegiatan ekonomi dalam memilih preferensi tempat nongkrong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh peneliti melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Peneliti juga menggunakan pengambilan data dengan teknik purposive sample untuk mencari subjek penelitian agar sesuai kriteria yang dipilih, sehingga mengidentifikasi sebuah kasus lebih mendalam. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 5 orang karyawan sebagai informan kunci dan 5 orang teman nongkrong dari karyawan sebagai informan pendukung, serta tukang parkir di kawasan Bendungan Hilir dan petugas satpam di area Kantor Pusat Bank BRI sebagai triangulasi data. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kawasan Bendungan Hilir dan penelitian ini dimulai sejak September 2023 sampai Juni 2024. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa para karyawan di kawasan Bendungan Hilir memiliki alasan dalam memilih preferensi tempat nongkrong yakni dari segi gaya hidup, penilaian kenyamanan, harga, dan jaringan sosial. Para karyawan juga memiliki pertimbangan kegiatan ekonomi dalam memilih tempat nongkrong yakni penggunaan kartu kredit, pengelolaan rencana keuangan, dan mengeluarkan uang secara konsumtif. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh latar belakang sosial ekonomi para karyawan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian terhadap preferensi tempat nongkrong. Dampak dari preferensi tempat nongkrong terhadap gaya hidup dengan menggunakan teori The Philosophy of Money menyatakan subjek sebagai individu untuk memiliki keinginan menikmati objek yang dimiliki oleh tempat nongkrong. Uang sebagai sarana untuk mengatasi jarak antara subjek dan objek melalui pengorbanan yang dikeluarkan. Para karyawan rela mengeluarkan uang lebih dari penghasilan mereka untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup dari mengunjungi preferensi tempat nongkrong. ***** This study broadly aims to provide a description of the reasons for choosing hangout preferences, the impact of hangout preferences on lifestyle formation, and considerations of economic activities in choosing hangout preferences. The method used in this study is a qualitative approach, with a case study method. Data were obtained by the researcher through in-depth interviews, observation, and literature study. The researcher also used data collection with purposive sample techniques to find research subjects to match the selected criteria, thus identifying a case more deeply. The subjects of this study were five employees as the key informants and five employees' hangout friends as supporting informants, and parking attendants in the Bendungan Hilir area and security guards in the BRI Bank Head Office area as data triangulation. The location of this study was conducted in the area of Bendungan Hilir and this study started from September 2023 to June 2024. The results of this study explain that employees in the area of Bendungan Hilir have have reasons for choosing hangout preferences, namely in terms of lifestyle, comfort assessment, price, and social networks. The employees also have economic activity considerations in choosing a hangout place, namely the use of credit cards, managing financial plans, and spending money consumptively. This is also influenced by the socio-economic background of employees who can influence purchasing decisions towards hangout preferences. The impact of hangout preferences on lifestyle using The Philosophy of Money theory states the subject as an individual has a desire to enjoy the objects owned by the hangout. Money is a means to overcome the distance between the subject and the object through the sacrifices made. Employees are willing to spend more than their income to get a pleasant experience in fulfilling lifestyle needs from visiting hangout preferences.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Umar Baihaqki, M.Si ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami S.KPm, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 23768 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:49 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47095 |
Actions (login required)
View Item |