ANALISIS AKTIVITAS DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP AMENITAS DAN AKSESIBILITAS DI PANTAI ALAM INDAH DAN PANTAI MUARAREJA INDAH KOTA TEGAL

SALSABILA NAIL ADILA, . (2024) ANALISIS AKTIVITAS DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP AMENITAS DAN AKSESIBILITAS DI PANTAI ALAM INDAH DAN PANTAI MUARAREJA INDAH KOTA TEGAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan persepsi wisatawan terhadap amenitas dan aksesibilitas di Pantai Alam Indah dan Pantai Muarareja Indah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai alat untuk pengambilan data. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan penentuan ukuran sampel menggunakan teori Gay dan Diehl sehingga dalam penelitian ini diperoleh 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif berupa tabulasi distribusi frekuensi dan menggunakan Skala Likert untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap amenitas dan aksesibilitas. Pada kedua destinasi wisata terdapat perbedaan mendasar, yaitu Pantai Alam Indah dikelola oleh Dinas Ke[pemudaan, Olahraga, dan Pariwisata sedangkan Pantai Muarareja Indah dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Muarareja. Hal ini berpengaruh pada hasil penelitian, sehingga diperoleh data yang menunjukan bahwa aktivitas wisata yang dilakukan di Pantai Alam Indah lebih beragam dibandingkan di Pantai Muarareja Indah. Persepsi wisatawan terhadap amenitas di Pantai Alam Indah lebih unggul dalam kelengkapan fasilitas, tempat ibadah, penginapan, kios suvenir, fasilitas kesehatan, dan kondisi keamanannya. Sedangkan di Pantai Muarareja Indah lebih unggul pada ketersediaan toilet, kios makanan, sarana hiburan, dan tempat parkir. Persepsi wisatawan terhadap aksesibilitas kedua destinasi wisata terdapat persamaan pada ketersediaan transportasi umum, penyewaan kendaraan, akses perjalanan, rambu penunjuk arah, jarak dari jalan utama, serta jarak dari jalan TOL dan terdapat perbedaan pada jarak dari stasiun, jarak dari terminal, serta kondisi jalan di dalam destinasi wisata. ***** This study aims to determine the activities and perceptions of tourists towards amenities and accessibility at Alam Indah Beach and Muarareja Indah Beach. This study uses a quantitative approach using questionnaires as a tool for data collection. The sampling technique used is purposive sampling with the determination of sample size using Gay and Diehl theory so that in this study 60 respondents were obtained. The data analysis technique used in this study uses a descriptive technique in the form of tabulating frequency distribution and using the Likert Scale to determine the perception of tourists towards amenities and accessibility. In the two tourist destinations, there is a fundamental difference, namely Alam Indah Beach is managed by the Youth, Sports, and Tourism Office while Muarareja Indah Beach is managed by the Muarareja Tourism Awareness Group. This affects the results of the research, so that data is obtained that shows that tourism activities carried out at Alam Indah Beach are more diverse than at Muarareja Indah Beach. Tourists' perception of amenities at Alam Indah Beach is superior in the completeness of facilities, places of worship, lodging, souvenir kiosks, health facilities, and security conditions. Meanwhile, Muarareja Indah Beach is superior in the availability of toilets, food stalls, entertainment facilities, and parking lots. Tourists' perception of the accessibility of the two tourist destinations has similarities in the availability of public transportation, vehicle rental, travel access, directional signs, distance from main roads, and distance from toll roads and there are differences in the distance from stations, distances from terminals, and road conditions in tourist destinations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. ; 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 22725 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:52
Last Modified: 29 Jul 2024 04:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47098

Actions (login required)

View Item View Item