PENGARUH KEKERASAN PADA ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 JAKARTA PUSAT

MEILY SUKMAWATI, . (2024) PENGARUH KEKERASAN PADA ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan dapat mempengaruhi kualitas dan pencapaian hidup korban. Anak adalah pihak yang sangat rentan menjadi korban kekerasan dan paling sering menerimanya dari orang terdekat, yaitu orang tua. Perilaku kekerasan dapat mempengaruhi kualitas dan pencapaian hidup anak. Salah satunya adalah dalam hal pembelajaran. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kekerasan pada anak terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 7 Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui metode survei yang dilakukan melalui google formulir. Pengumpulan data, analisis, dan penulisan laporan skripsi dimulai pada bulan Juli 2023 sampai bulan Maret 2024. Teknik sampling yang digunakan ialah non probability dengan jenis purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 68 siswa kelas X SMAN 7 Jakarta pada tahun ajaran 2023/2024. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner yang terdiri dari 45 butir pertanyaan melalui google form. Pengolahan dan analisis data menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS 25. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekerasan pada anak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam hal ini, pengaruhnya adalah negatif. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin besar kekerasan pada anak, maka semakin rendah hasil belajarnya. Ketiga bentuk kekerasan pada anak (fisik, emosional, penelantaran) memiliki tingkat pengaruh yang bervariasi terhadap hasil belajar. Kekerasan fisik memiliki pengaruh sedang, kekerasan emosional/verbal memiliki pengaruh tinggi, dan kekerasan pengabaian memiliki pengaruh rendah. Menurut teori Galtung, kekerasan yang dilakukan dalam rumah tangga pada anak merupakan kekerasan langsung dan kekerasan struktural. Pada penelitian ini kekerasan yang dilakukan oleh orang tua dapat melukai fisik dan psikis anak. Oleh karena itu, kekerasan yang dilakukan oleh orang tua menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar anak. Kata Kunci: Kekerasan Anak, Orang Tua, Siswa, Hasil Belajar ***** Violence can affect the quality and achievements of the victim's life. Children are parties who are very vulnerable to becoming victims of violence and most often receive it from those closest to them, namely parents. Violent behavior can affect a child's quality and achievement of life. One of them is in terms of learning. In this regard, this research aims to find out whether there is an influence of violence against children on the learning outcomes of class X students at SMAN 7 Central Jakarta. This research uses quantitative methods through survey methods conducted via Google forms. Data collection, analysis and writing of the thesis report will start from July 2023 to March 2024. The sampling technique used is non-probability with purposive sampling. The sample for this research consisted of 68 class X students at SMAN 7 Jakarta in the 2023/2024 academic year. The data collection process was carried out by distributing a questionnaire consisting of 45 questions via Google Form. Data processing and analysis used Microsoft Excel and SPSS 25 applications. The analysis used in this research was validity test, reliability test and regression test. The results of this research show that violence against children affects student learning outcomes. In this case, the effect is negative. This research proves that the greater the violence against children, the lower their learning outcomes. The three forms of violence against children (physical, emotional, neglect) have varying levels of influence on learning outcomes. Physical violence has a medium effect, emotional/verbal violence has a high effect, and neglect violence has a low effect. According to Galtung's theory, domestic violence against children is direct violence and structural violence. In this study, violence perpetrated by parents can physically and psychologically injure children. Therefore, violence perpetrated by parents is one of the factors that influences children's learning outcomes. Keywords: Child Violence, Parents, Students, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si. ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami S.KPm., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 23774 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:35
Last Modified: 29 Jul 2024 04:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47099

Actions (login required)

View Item View Item