HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (STUDI KUANTITATIF DI SMP NEGERI 252 JAKARTA)

SHADRINA MAULIDA AL-KHONSA, . (2024) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (STUDI KUANTITATIF DI SMP NEGERI 252 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 252 Jakarta tahun ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 168 siswa yang dipilih menggunakan simple random sampling dari total populasi 288 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengukur tingkat efikasi diri dan kemandirian belajar siswa. Data yang terkumpul diuji menggunakan uji korelasi yang menghasilkan nilai korelasi 0,800 artinya terdapat hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar sangat kuat, kemudian uji regresi sederhana yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi 0,321 artinya terdapat hubungan positif dan searah, dan uji T yang menghasilkan nilai t hitung 17,196 dengan nilai signifikansi 0,000 artinya terdapat pengaruh secara parsial efikasi diri terhadap kemandirian belajar. Adapun besarnya pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar adalah 64%. Oleh karena itu kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 252 Jakarta tahun ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Proses Belajar, Siswa, Pendidikan Pancasila ***** This research aims to analyze the relationship between self-efficacy and student learning independence at 8th grade SMP Negeri 252 Jakarta during 2023/2024 academic year in Pancasila Education. This research uses a quantitative approach with correlational methods. Sample in this research 168 students selected by simple random sampling from a total population 288 students. The data collection technique uses a questionnaire to measure the level of student self-efficacy and learning independence. The collected data was tested using correlation test and the result is 0,800 for correlation value which shows that self-efficacy has a very strong relationship with learning independence, then simple regression test produces significance value 0,000 and regression coefficient 0,321 which shows a positive and unidirectional relationship, and T test produces t-value 17,196 with significance value 0,000 which shows there is a partial influence of self-efficacy on learning independence. The influence of self-efficacy on learning independence is 64%. Therefore, the conclusion of this research is there is a positive and significant relationship between self-efficacy and student learning independence at 8th SMP Negeri 252 Jakarta during 2023/2024 academic year in Pancasila Education. Keywords: Self-Efficacy, Learning Independence, Learning Process, Students, Pancasila Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Achmad Husen, M.Pd. ; 2). Dr. Yasnita, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22487 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:32
Last Modified: 29 Jul 2024 05:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47131

Actions (login required)

View Item View Item