TATIANA IGAZUHRIASI, . (2024) MODERNISASI PENERAPAN LAPORAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIK PADA KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS: SMPN 4 TANGERANG). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (855kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (708kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
Abstract
Digitalisasi dan penerapan e-Rapor mampu menuntut guru untuk menguasai komputer dan internet, hal ini menyebabkan guru mengalami kesulitan beradaptasi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang terjadinya digitalisasi laporan hasil belajar peserta didik di SMPN 4 Tangerang, mendeskripsikan proses penerapan e-Rapor di SMPN 4 Tangerang, dan mendeskripsikan implikasi penerapan e-Rapor terhadap SMPN 4 Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, dan empat guru SMPN 4 Tangerang. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Penulis melakukan penelitian dari bulan Juni hingga Agustus 2023. Berdasarkan hasil temuan, latar belakang terjadinya digitalisasi rapor di SMPN 4 Tangerang adalah adanya modernisasi terutama di bidang teknologi yang menyebabkan digitalisasi yaitu proses mengubah sesuatu yang manual menjadi digital. SMPN 4 Tangerang telah menggunakan e-Rapor pada tahun 2018 saat kurikulum 2013. Proses penerapan e-Rapor dilakukan saat berlakunya kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Implikasi dari penerapan e-Rapor di SMPN 4 Tangerang yaitu memudahkan guru dalam mengelola rapor, meminimkan waktu saat mengolah rapor, dan rapor yang bisa dikerjakan di berbagai tempat dalam waktu yang diinginkan. Adapun implikasi negatif yaitu eror sistem dan kesulitan guru senior untuk mengoperasikan e-Rapor. Modernisasi dalam hal ini mendorong terjadinya digitalisasi namun faktanya dalam penerapan e-Rapor di SMPN 4 Tangerang belum sepenuhnya memanfaatkan atau menerapkan sistem digital. Pada proses pengisian nilai di e-Rapor, guru masih harus menuliskan nilai, penulisan nilai tersebut masih bersifat manual menggunakan alat kertas dan pulpen lalu ditulis menggunakan tangan bukan menggunakan komputer. ***** Digitalization and implementation of e-Reports can require teachers to control computers and the internet, this causes teachers to have difficulty adapting. Therefore, this research aims to describe the background to the digitization of student learning outcomes reports at SMPN 4 Tangerang, describe the process of implementing e-Report at SMPN 4 Tangerang, and describe the implications of implementing e-Report at SMPN 4 Tangerang. This research uses a qualitative approach with a case study method. Research data was obtained through interviews, field observations, and documentation with research subjects, the Principal, and four teachers at SMPN 4 Tangerang. In collecting data, the author uses primary data and secondary data. The author conducted research from June to August 2023. Based on the findings, the background to the digitization of report cards at SMPN 4 Tangerang is modernization, especially in the field of technology, which causes digitalization, namely the process of changing something manual into digital. SMPN 4 Tangerang used e-Report in 2018 during the 2013 curriculum. The process of implementing e-Report was carried out during the enactment of the 2013 curriculum and the Merdeka Curriculum. The implications of implementing e-Report at SMPN 4 Tangerang are that it makes it easier for teachers to manage report cards, minimizes time when processing report cards, and report cards can be done in various places at the desired time. The negative implications are system errors and difficulty for senior teachers to operate e-Report. Modernization in this case encourages digitalization, but in fact the implementation of e-Report at SMPN 4 Tangerang has not fully utilized or implemented the digital system. In the process of filling in grades in e-Report, teachers still have to write down grades, writing grades is still manual using paper and pen and then written by hand rather than using a computer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rakhmat Hidayat, PhD. ; 2). Abdi Rahmat, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 23559 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 05:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 05:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47136 |
Actions (login required)
View Item |