ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD-21 PADA SMA NEGERI 36 JAKARTA

WANDA NURFADILLAH, . (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD-21 PADA SMA NEGERI 36 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Wanda_Nurfadillah_1701620062_BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Skripsi_Wanda_Nurfadillah_1701620062 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_Wanda_Nurfadillah_1701620062 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_Wanda_Nurfadillah_1701620062 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_Wanda_Nurfadillah_1701620062 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] Text
lampiran dan riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
cover.pdf

Download (987kB)

Abstract

Kerangka kerja yang dipakai untuk pendesaian, pengajaran, serta penilaian dalam sistem pendidikan dinamakan Kurikulum. Kurikulum pada abad ke-21 ini wajib memperhatikan keperluan pelajar yang variatif, menyokong kreativitas, meningkatkan pemikiran kritis, keahlian untuk berkolaborasi, memecahkan problem, literasi digital, maupun keahlian untuk adaptasi dengan dinamika yang melaju pesat. Kurikulum merdeka menyediakan keluwesan untuk pelajar supaya bisa mengambil dan mengatur proses belajar mengajar secara mandiri selaras atas minat, bakat, dan tujuan tiap-tiap individu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode penelitian deskriptif berpendekatan kualitatif menggunakan wawancara dan observasi langsung. Dengan output SMA Negeri 36 Jakarta telah mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan tipe merdeka berbagi dan menjadi salah satu sekolah penggerak. tujuan kurikulum merdeka yaitu memasukan 6 eleman nilai pancasila disetiap projek yang diberikan, serta membuat projek tersebut diolah dengan menggunakan keterampilan 4C. Sehingga projek yang diberikan oleh SMA Negeri 36 Jakarta dapa mencangkup pembentukan karakter pancasila sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka dan mampu meningkatkan keterampilan 4C peserta didik. Penerapan proses belajar mengajar intrakulikuler dan ekstrakulikuler di SMA Negeri 36 Jakarta sudah didasari oleh peminatan, bakat, dan kemampuan pelajar dalam meningkatkan keterampilan 4C. ***** Curriculum is a framework used in planning, teaching and assessment in the education system. In the 21st Century era, the curriculum must pay attention to the needs of different students, encourage creativity, critical thinking skills, collaboration skills, problem solving, digital literacy and adaptability with rapid changes. An independent curriculum gives students the freedom to choose and organize their own learning, according to their interests, talents and personal goals. The research method used in this research is a descriptive research method with a qualitative approach through interviews and direct observation. With the results, SMA Negeri 36 Jakarta has implemented an independent curriculum with the independent sharing type and has become one of the driving schools. The aim of the Independent Curriculum is to include the 6 elements of Pancasila values in every project given, as well as making the project processed using 4C skills. So that the project given by SMA Negeri 36 Jakarta can cover the formation of Pancasila character in accordance with the objectives of the independent curriculum and is able to improve students' 4C skills. The implementation of intracurricular and extracurricular learning at SMA Negeri 36 Jakarta is based on students' interests, talents and abilities in improving 4C skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd ; 2). Fitra Dila Lestari, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24040 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:09
Last Modified: 29 Jul 2024 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47155

Actions (login required)

View Item View Item