PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KOMIK MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP

NABILAH NURUL KARIMAH, . (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KOMIK MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan E-LKPD berbasis komik menggunakan liveworksheets dengan pendekatan kontekstual pada materi aljabar kelas VII SMP yang layak digunakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cikarang Pusat pada bulan September 2021 sampai dengan Juni 2024, mulai dari melakukan analisis kebutuhan hingga menghasilkan produk final. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Konsep model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze atau tahap analisis, design atau tahap perancangan, development atau tahap pengembangan, implementation atau tahap implementasi, dan evaluation atau tahap evaluasi. Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Cikarang Pusat. Kelayakan produk dinilai berdasarkan hasil penilaian oleh validasi ahli media, ahli materi dan bahasa, serta respon siswa dan guru terhadap uji coba penggunaan produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase rata-rata dengan rincian sebesar 88% dari validasi materi dan bahasa dan validasi ahli media memperoleh hasil yang sama sebesar 88%. Penilaian evaluasi uji coba dalam kelompok kecil dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase rata-rata masing-masing sebesar 88% dan 91%. Berdasarkan penilaian tersebut diperoleh persentase rata-rata secara keseluruhan sebesar 89% yang apabila diinterpretasikan memperoleh kategori sangat layak. Sehingga dapat dikatakan media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis komik menggunakan liveworksheets dengan pendekatan kontekstual pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 2 Cikarang Pusat sangat layak untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP dalam mempelajari materi aljabar. ***** This research aims to determine the process of developing comic-based E-LKPD using liveworksheets with a contextual approach to 7th Grade algebra material. This research was conducted at SMP Negeri 2 Cikarang Pusat from September 2021 to June 2024, starting from conducting a needs analysis to producing the final product. This research uses the Research and Development (R&D) method with qualitative and quantitative data analysis techniques. The development model concept used is the ADDIE development model which consists of five stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. The field trial subjects were 7th Grade students at SMP Negeri 2 Cikarang Pusat. The feasibility of the product is assessed based on the results of assessments by validation media experts, material and language experts, as well as student and teacher responses to trials using the product being developed. Based on the results of expert validation, an average percentage with details of 88% was obtained from material and language validation and media expert validation obtained the same result of 88%. Evaluation assessments of trials in small groups and trials in large groups obtained an average percentage of 88% and 91% respectively. Based on this assessment, an overall average percentage of 89% was obtained, which when interpreted received a very feasible category. So it can be said that the learning media in the form of comic-based E-LKPD using liveworksheets with a contextual approach to 7th Grade algebra material at SMP Negeri 2 Cikarang Pusat is very suitable to be used and utilized as a learning medium for 7th Grade students in studying algebra material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1).Dwi Antari Wijayanti, M.Pd.; 2).Tian Abdul Aziz, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 24108 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:54
Last Modified: 30 Jul 2024 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47187

Actions (login required)

View Item View Item