ASSHALIA AISYAH PUTRI, . (2024) Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tren Internet Aesthetic Terhadap Fashion Self Congruity Gen-Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (991kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
SKRIPSI Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tren Internet Aesthetic Pada Fashion Self Congruity Gen-Z.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Asshalia Aisyah Putri, Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tren Internet Aesthetic Terhadap Fashion Self Congruity Gen-Z. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang tingkat pengetahuan pada Gen-Z terhadap tren internet aesthetic secara general dan juga jenis-jenisnya seperti cottagecore, old money, dan Y2K. Kemudian mendapatkan informasi mengenai keselarasan berpakaian (fashion self congruity) Gen-Z dengan self-image, serta pengaruh tingkat pengetahuan tren internet aesthetic terhadap fashion self congruity Gen-Z. Metode penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden, pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan Uji-T Independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89% Gen-Z memiliki tingkat pengetahuan tren internet aesthetic yang tinggi dengan tren cottagecore menjadi jenis tren yang paling diketahui oleh Gen-Z. Kemudian berdasarkan penilaian aspek tingkat pengetahuan, Gen-Z memiliki aspek pengetahuan aplikasi yang paling tinggi terhadap tren ini. Didapatkan juga hasil fashion self congruity Gen-Z tinggi dengan actual self-nya, hal ini menyatakan bahwa 95% Gen-Z menyelaraskan cara berpakaiannya dengan self image. Dari hasil uji analisis menyatakan adanya pengaruh antara tingkat pengetahuan tren internet aesthetic terhadap fashion self congruity mereka, yang didorong oleh urgensi Gen-Z dalam mengekspresikan dan mencari jati diri sebagaimana tren internet aesthetic memberikan fasilitas untuk mengeksplorasi hal-hal baru, dalam dunia fashion. Kata Kunci : Actual Self, Cottagecore, Fashion Self Congruity, Internet Aesthetic, Self-Image
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suryawati, M.Si. 2). Esty Nurbaity Arrsyi, S.Pd., M.KM. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Filsafat, Psikologi & Agama > Estetika Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Users 23875 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:14 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47211 |
Actions (login required)
View Item |