PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR FOTOGRAFI DI KELOMPOK MAHASISWA PEMINAT FOTOGRAFI (KMPF) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

HADI WAHYUDI, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR FOTOGRAFI DI KELOMPOK MAHASISWA PEMINAT FOTOGRAFI (KMPF) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul pada pembelajaran dasar-dasar fotografi di Kelompok Mahasiswa Peminat Fotografi (KMPF) Universitas Negeri Jakarta. Model yang digunakan pada pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan mahasiswa baru anggota KMPF Universitas Negeri Jakarta sebagai pengguna. Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan ini dengan beberapa tahapan seperti review ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, bertujuan untuk mengetahui kelayakan media modul elektronik (E-Modul) pada pembelajaran dasar-dasar fotografi sebelum dilakukan uji coba. Setelah E-Modul yang dikembangkan sudah dinyatakan layak, selanjutnya dilakukan uji coba 2 tahap, yaitu uji coba one-to-one yang melibatkan 3 orang mahasiswa dengan karakteristik yang berbeda, kemudian dilakukan uji coba small group yang melibatkan 9 orang mahasiswa yang dibagi ke dalam 3 kelompok. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, menunjukan bahwa E-Modul pada pembelajaran dasar-dasar fotografi baik dan layak untuk digunakan oleh mahasiswa anggota Kelompok Mahasiswa Peminat Fotografi (KMPF) Universitas Negeri Jakarta. ***** This development research aims to develop an E-Module for learning the basics of photography at the Photography Interest Student Group at Jakarta State University. The model used in this development is the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. The respondents involved in this research were material experts, media experts, learning experts and new college students who were members of the Photography Interest Student Group at Jakarta State University as users. The results of this development research carried out in several stages, such as review by material experts, media experts and learning experts, aim to determine the feasibility of electronic module media (E-Modules) in learning the basics of photography before a trial is carried out. After the developed E-Module has been declared feasible, then a 2-stage trial is carried out, namely a one-to-one trial, involving 3 students with different characteristics, then a small group trial involving 9 students who are divided into 3 groups. Based on the results of this development research, it shows that the E-Module on learning the basics of photography is good and suitable for use by college students who are members of the Photography Interest Student Group at Jakarta State University.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. 2). Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 23179 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 23:31
Last Modified: 29 Jul 2024 23:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47224

Actions (login required)

View Item View Item