PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS PADA UMKM SEKTOR KULINER DI KABUPATEN BOGOR)

FATIMAH AZZAHRA, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS PADA UMKM SEKTOR KULINER DI KABUPATEN BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy

Abstract

Pengguna internet di Kabupaten Bogor kian bertambah seiring majunya pembangunan infrastruktur yang merata. Hal ini mulai berpengaruh terhadap kebiasaan transaksi antara pedagang dan pembeli. Para pembeli yang mulai beralih bertransaksi secara daring, membuat para pelaku UMKM berusaha mengimbangi inovasi baru dalam bertransaksi melalui platform E-commerce, agar pendapatan yang mereka peroleh tidak bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui seberapa besar pengaruh dari Penggunaan E-commerce terhadap Peningkatan Pendapatan yang diperoleh oleh para pelaku UMKM Sektor kuliner di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan E-commerce akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelanggan. Selain itu, pemanfaatan E-commerce dapat menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan bertransaksi serta pendapatan. Hal ini pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing bagi UMKM di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kata Kunci: Transaksi, E-commerce, UMKM , Pendapatan ***** Internet users in Bogor Regency are increasing as infrastructure development progresses evenly. This began to affect the transaction habits between traders and buyers. Buyers who are starting to switch to online transactions, making MSME players try to keep up with new innovations in transactions through E-commerce platforms, so that the income they get is not problematic. This study aims to determine how much influence the use of E-commerce has on the increase in revenue obtained by MSME players in the culinary sector in Bogor Regency. The research method used in this research is descriptive method with qualitative analysis. Determination of the sample in this study using purposive sampling technique. The results showed that the use of E-commerce will be able to increase MSME revenues, marketed products will be more easily recognized by consumers making it easier to get customers. In addition, the use of E-commerce can save promotional costs and increase transaction speed and revenue. This will ultimately be able to increase competitiveness for MSMEs in the Bo Regency area. Keywords: Transactions, E-commerce, MSMEs, Revenue

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karuniana Dianta Arfiando Sebayang, S.IP., M.E ; 2). Dicky Iranto, SE., M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24123 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:43
Last Modified: 31 Jul 2024 00:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47290

Actions (login required)

View Item View Item