FAHREZA PRAKASA, . (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB TINGKAT PEMULA BERBASIS WEB PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER (REPOSITORY).pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I (FIX).pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB II (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V (FIX).pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (Repository).pdf Download (258kB) |
|
Text
LAMPIRAN (REPOSITORY).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa arab adalah keterampilan menulis. Namun masih banyak mahasiswa yang kurang menguasai keterampilan ini dengan baik. Banyak dari mereka yang menguasai 3 keterampilan lainnya akan tetapi kurang menguasi keterampilan menulis ini. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang memiliki fitur fitur mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah bahan ajar berbasis website. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kebutuhan pengembangan Materi Ajar Keterampilan Menulis Bahasa Arab tingkat Pemula (2) mendesain bahan ajar keterampilan menulis dan (3) mendeskripsikan kelayakan produk yang telah dikembangkan oleh peneliti yakni pengembangan materi ajar keterampilan menulis bahasa arab tingkat pemula berbasis web. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) Menggunakan model Pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Sampel penelitian untuk analisis kebutuhan adalah 1 orang dosen dan 25 mahasiswa tingkat pemula pada program studi pendidikan bahasa arab Universitas Negeri Jakarta. Sementara itu, sampel ujincoba kelayakan produk juga diberikan kepada 1 orang dosen dan 25 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dosen dan mahasiswa sepakat bahwa bahan ajar yang ada untuk dikembangkan berbasis web meliputi materi dan latihan soal. Desain bahan ajar disini juga meliputi 3 aspek yakni (1) membuat rancangan desain, mengembangakn domain web yang sudah ada dan mengembangkan desain materi ajar. Kelayakan bahan ajar keterampilan menulis berbasis web berdasarkan hasil uji validasi ahli Bahasa adalah 89%, validasi ahli materi adalah 88% dan validasi ahli media adalah 89% yang dimana itu semua merupakan hasil yang sangat layak. Serta kelayakan uji coba produk oleh dosen adalah layak (82%) dan uji coba produk oleh mahasiswa adalah sangat layak (85,6%). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keterampilan menulis bahasa arab tingkat pemula berbasis web layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa arab. ***** One of the language skills that students must master in learning Arabic is writing. However, many students still do not have a good command of this skill. Many of them master the other three skills but lack proficiency in writing. Therefore, there is a need for teaching materials that feature modern advancements, one of which is web-based teaching materials. The objectives of this research are (1) to identify the needs for developing Beginner Level Arabic Writing Skills Teaching Materials, (2) to design the writing skills teaching materials, and (3) to describe the feasibility of the product developed by the researcher, which is the web-based beginner level Arabic writing skills teaching materials. This research is Research and Development (R&D) using the ADDIE Development Model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research sample for the needs analysis consists of 1 lecturer and 25 beginner-level students in the Arabic Language Education Study Program at the State University of Jakarta. Meanwhile, the product feasibility testing sample also includes 1 lecturer and 25 students. Data collection was carried out using questionnaires, interviews, and observations. Data analysis employed both qualitative and quantitative analysis. The research results indicate that both lecturers and students agree that the existing teaching materials should be developed into a web-based format, including materials and exercises. The design of the teaching materials covers three aspects: (1) creating a design plan, (2) developing an existing web domain, and (3) developing the teaching material design. The feasibility of the web-based writing skills teaching materials, based on expert validation, was 89% for language experts, 88% for material experts, and 89% for media experts, all of which are considered highly feasible. Furthermore, the product feasibility testing by lecturers was deemed feasible (82%) and by students was deemed highly feasible (85.6%). Based on the research results, it can be concluded that the web-based beginner level Arabic writing skills teaching materials are feasible for use in Arabic language learning.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Shafruddin Tadjuddin, M.A. 2. Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 23986 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47292 |
Actions (login required)
View Item |