PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM BELAJAR BAHASA INGGRIS DI TAMAN BACA AL-IKHLAS BANTAR GEBANG

DAVINA SWASONO PUTRI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM BELAJAR BAHASA INGGRIS DI TAMAN BACA AL-IKHLAS BANTAR GEBANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran flashcard yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada program belajar bahasa Inggris di Taman Baca Al-Ikhlas. (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik pada program belajar bahasa Inggris setelah menggunakan media flashcard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta model pengembangan media flashcard menggunakan model pengembangan ADDIE dengan melalui 5 pokok tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif berupa saran dari responden. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket motivasi belajar peserta didik. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik dengan rentang usia 13-16 tahun yang mengikuti Program belajar bahasa Inggris di Taman Baca Al-Ikhlas Bantar Gebang sebanyak 10 orang. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa : (1) Kelayakan media pembelajaran flashcard berdasarkan penilaian ahli materi masuk dalam kategori layak dengan persentase 78%, penilaian ahli media masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase 85% dan hasil nilai uji coba responden masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase 82,2%. (2) Media pembelajaran ini telah digunakan oleh peserta didik Taman Baca Al-Ikhlas dan telah teruji keefektifannya dengan menggunakan angket motivasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flashcard. Hasil angket motivasi belajar sebelum menggunakan flashcard memperoleh presentase 39,8% dengan kategori rendah, sementara setelah menggunakan media flashcard memperoleh presentase 69,06% dengan kategori tinggi. Kata kunci: Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Flashcard ***** This study aims to: (1) develop flashcard learning media that is feasible to increase students' learning motivation in the English language learning program at Taman Baca Al-Ikhlas. (2) Knowing the increase in students' learning motivation in the English language learning program after using flashcard media. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method and the flashcard media development model using the ADDIE development model through 5 main stages. The data sources collected were quantitative data and qualitative data in the form of suggestions from respondents. Data collection techniques using validation sheets and questionnaires of student learning motivation. The sample of this study were students with an age range of 13-16 years who attended the English learning program at Taman Baca Al-Ikhlas Bantar Gebang as many as 10 people. The findings of this study reveal that: (1) The feasibility of flashcard learning media based on the assessment of material experts is in the feasible category with a percentage of 78%, the assessment of media experts is in the very feasible category with a percentage of 85% and the results of the respondents' trial scores are in the very feasible category with a percentage of 82.2%. (2) This learning media has been used by students of Taman Baca Al-Ikhlas and has been tested for effectiveness by using a questionnaire of learning motivation before and after using flashcard learning media. The results of the learning motivation questionnaire before using flashcards obtained a percentage of 39.8% in the low category, while after using flashcard media obtained a percentage of 69.06% in the high category. Keywords: Learning Motivation, Learning Media, Flashcards

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Henny Herawaty Br Dalimunthe, M.Pd. ; 2). Intan Purnama Dewi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 22462 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:42
Last Modified: 31 Jul 2024 00:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47432

Actions (login required)

View Item View Item