PENGEMBANGAN ONLINE LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN TAHSIN BAGI GURU SD DI RABBANIYYUN ISLAMIC SCHOOL

GUMILANG AKBAR RAKSA YUDHA, . (2024) PENGEMBANGAN ONLINE LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN TAHSIN BAGI GURU SD DI RABBANIYYUN ISLAMIC SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan online learning pembelajaran tahsin bagi guru SD di Rabbaniyyun Islamic School. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Dick and Carey. Dick and Carey adalah salah satu model yang digunakan dalam pengembangan pembelajaran yang terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-9 yaitu dari (1) Mengidentifikasi tujuan, (2) Melaksanakan analisis pembelajaran, (3) Menganalisis pemelajar dan konteksnya, (4) Menuliskan tujuan khusus, (5) Mengembangkan instrumen penilaian, (6) Mengembangkan strategi pembelajaran, (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) Merevisi pembelajaran. Teknik pengambilan data dilakukan pada tahap ke-8 dengan menggunakan kuesioner, pengamatan, pre-test dan post-test. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan t-test dan n-gain untuk nilai pre-test dan post-test serta deskriptif kualitatif untuk data angket dan pengamatan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan online learning pembelajaran tahsin efektif digunakan yang ditandai hasil |t-test| > t-tabel yaitu |-10,42797588| > 2,144786688 yang berarti terdapat perubahan atau peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan posttest dengan rata-rata n-gain 0,4 yang menandakan online learning untuk pembelajaran tahsin bagi guru SD Rabbaniyyun Isllamic School efektif digunakan. ***** This study aims to develop online learning for tahsin (Quranic recitation) instruction for teachers at SD Rabbaniyyun Islamic School. The research employs the Dick and Carey model, a well-known instructional system development model consisting of ten stages.However, in this study it only reached stage 9 that is (1) Identify Instructional Goals, (2) Conduct Instructional Analysis, (3) Analyze Learners and Context, (4) Write Performance Objectives, (5) Develop assessment instrument, (6) Develop Instructional Strategy, (7) Develop and Select Instructional Materials, (8) Design and Conduct Formative Evaluation of Instruction, (9) Revise Instructional. Data collection carried out at stage 8, techniques include questionnaires, observations, pre-tests, and post-tests. The data is analyzed using t-tests and n-gain for pre-test and post-test scores, along with qualitative descriptive analysis of questionnaire and observation data. The results indicate that online learning for tahsin instruction is effectively utilized, as evidenced by the |t-test| value of |-10.42797588| > 2.144786688, signifying significant improvement between pre-test and post-test results. The average n-gain of 0.4 further confirms the effectiveness of online learning for tahsin instruction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Gumilang Akbar Raksa Yudha .
Date Deposited: 30 Jul 2024 23:51
Last Modified: 30 Jul 2024 23:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47472

Actions (login required)

View Item View Item