MONICA BELLANDINA ABOLLA, . (2024) PENGARUH TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MODIFIKASI SCHEMA BASED INSTRUCTION (SBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V DITINJAU DARI EFIKASI DIRI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA,.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika penting untuk dikembangkan pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Namun, fakta yang terjadi adalah kemampuan siswa pada kompetensi ini masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan metode Teams Games Tournament modifikasi Schema Based Instruction dengan siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori ditinjau dari efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pada siswa kelas V SDN Beumopu dan dilaksanakan dari bulan September sampai bulan Mei 2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa soal esai dan instrumen efikasi diri berupa angket. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematika adalah memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V yang belajar dengan metode TGT modifikasi SBI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode ekspositori; (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V; (3) siswa yang belajar dengan metode TGT modifikasi SBI memiliki kemamapuan pemecahan masalah matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode ekspositori pada siswa yang memiliki efikasi diri tinggi; (4) siswa yang belajar dengan metode TGT modifikasi SBI memiliki kemamapuan pemecahan masalah matematika yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode ekspositori pada siswa yang memiliki efikasi diri rendah. Menerapkan metode TGT modifikasi SBI dalam pembelajaran matematika dapat memfasilitasi perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, efikasi diri Mathematical problem-solving skills are important for development in elementary school mathematics learning. However, the fact that occurs is that students' ability in this competency is still lacking. This study aims to determine whether there is a difference in the mathematical problem-solving ability of students who learn using the Teams Games Tournament method modified by Schema Based Instruction with students who learn using the expository method in terms of self-efficacy. This study used experimental research methods on fifth�grade students of SDN Beumopu and was conducted from September to May 2024. The sampling technique used cluster random sampling. The experimental and control classes' samples amounted to 32 students each. Data collection used mathematical problem-solving ability test instruments in the form of essay questions and self-efficacy instruments in the form of questionnaires. Indicators of math problem-solving ability are understanding the problem, planning problem-solving strategies, and implementing problem-solving plans. The results showed that: (1) the problem-solving ability of fifth-grade students who learn with the SBI-modified TGT method is higher than students who learn with the expository method; (2) there is an interaction between learning methods and self-efficacy in the problem-solving ability of grade V students; (3) students who learn with TGT modified SBI method have higher math problem�solving ability compared to students who learn with expository method in students who have high self-efficacy; (4) students who learn with TGT modified SBI method have lower math problem-solving ability compared to students who learn with expository method in students who have low self-efficacy. Applying the modified SBI method in mathematics learning can facilitate the development of students' mathematical problem-solving abilities. Keywords: mathematical problem-solving ability, self-efficacy
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof.Dr.Yurniwati, M.Pd. 2) Dr. Faisal Madani, M.Ed.Sc |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Sains > Matematika |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 23039 not found. |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 01:15 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 01:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47478 |
Actions (login required)
View Item |