PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KESADARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA KELAS XI DI SMK NEGERI 4 JAKARTA

NUSA PENINDA HAKIM, . (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KESADARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA KELAS XI DI SMK NEGERI 4 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh minat belajar dan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar sejarah indonesia. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta sejak bulan April sampai dengan bulan Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan pada penelitian sebanyak 531 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 133 peserta didik dengan teknik random sampling. Peneliti mengumpulkan data dengan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai berikut. (1) Minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai thitung sebesar 4,096 > 1,978380405 dan didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Kesadaran sejarah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai thitung sebesar 6,828 > 1,978380405 dan didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Minat belajar dan kesadaran sejarah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai Fhitung dan nilai signifikansi dapat diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 65,381 > 3,065839094 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Adapun simpulan dari penelitian yakni sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar dan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta. This research aims to examine the influence of learning interest and historical awareness on Indonesian history learning outcomes. This research was conducted on class XI students at SMK Negeri 4 Jakarta from April to May 2024. The research method used was ex post facto research. The population used in the research was 531 students. The sample used in the research was 133 students using random sampling technique. Researchers collected data using questionnaires and documentation. Based on the research results, it shows that as follows. (1) Interest in learning has a positive significant effect on Indonesian history learning outcomes with the calculation results, namely the t-count value of 4.096 > 1.978380405 and the significance obtained is 0.000 < 0.05. (2) Historical awareness has a positive significant effect on Indonesian history learning outcomes with the calculation results, namely a t-count value of 6.828 > 1.978380405 and a significance value of 0.000 < 0.05. (3) Interest in learning and historical awareness have a positive significant effect on Indonesian history learning outcomes with the calculation results, namely the Fcount value and significance value. It can be seen that the Fcount value is 65.381 > 3.065839094 and the significance value is 0.000 < 0.05. The conclusions of the study are as follows. (1) There is a significant positive influence of learning interest on the learning outcomes of students in the subject of Indonesian History for class XI at SMK Negeri 4 Jakarta. (2) There is a significant positive influence of historical awareness on the learning outcomes of students in the subject of Indonesian History for class XI at SMK Negeri 4 Jakarta. (3) There is a significant positive influence of learning interest and historical awareness on the learning outcomes of students in the subject of Indonesian History for class XI at SMK Negeri 4 Jakarta.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr.M. Fakhruddin, M.Si. ; 2) Dr. Abrar, M.Hum.
Subjects: Ilmu Sosial > Statistik
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 23865 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:09
Last Modified: 31 Jul 2024 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47497

Actions (login required)

View Item View Item