PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI VIDEO DOKUMENTER DODOTAN PENGANTIN SOLO BASAHAN

DHEVITA SEKAR RAHMADHANI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI VIDEO DOKUMENTER DODOTAN PENGANTIN SOLO BASAHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Video dokumenter adalah sebuah media audio visual yang menampilkan sebuah kejadian nyata dan dapat menyajikan sebuah peritiwa sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat praktikalitas sebuah produk media pembelajaran melalui video dokumenter Dodotan Pengantin Solo Basahan. Pengembangan produk ini dilatar belakangi oleh kebutuhan terhadap media pembelajaran mandiri yang dapat meningkatkan pengetahuan mengenai sejarah dan nilai tradisional dari Dodotan Pengantin Solo Basahan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa pada pemasangan dodotan. Metode yang digunakan adalah riset dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dari Robert M. Branch. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Sedangkan uji praktikalitas melalui uji kelompok kecil (small group) dengan melibatkan 12 mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta menggunakan angket tertutup. Kelayakan video dokumenter memperoleh persentase 92% oleh ahli media dengan kriteria ”sangat layak”, hasil persentase oleh ahli materi 94% dengan kriteria ”sangat layak”. Sedangkan kepraktisan memperoleh persentase sebanyak 93% dengan kriteria ”sangat praktis”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji praktikalitas tersebut, video dokumenter dinyatakan layak dan praktis untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. ******** Documentary videos is an audio-visual media that displays a real event and can present a historical event. This research aims to determine the level of feasibility and level of practicality of a learning media product throught the documentary video Dodotan Solo Basahan. The development of this product was motivated by the need for independent learning media that can increas knowledge about the history and traditional values of the Solo Basahan Bridal Dodotan and improve student’s skills in installing Dodotan. The method used is research and development using the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) model from Robert M. Branch. The feasibility test was carried out by media experts and material experts using open and closed questionnaires. Meanwhile, the practicality test was carried out through a small group test involving 12 Cosmetology Education students at Jakarta State University using a closed questionnaire. The feasibility of documentary videos obtained a percentage of 92% by media experts with the criteria ”very feasible”, percentage results by material experts 94% with the criteria of ” very feasible”. Meanwhile, the practicality of obtaining a percentage of 93% with criteria ”very practical”. Based on the results of the feasibility test and praticality test, the documentary video was declared feasible and practical to be used as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum. 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Tata Rias > Asesoris Pakaian
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 24224 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:40
Last Modified: 01 Aug 2024 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47532

Actions (login required)

View Item View Item