Pengaruh Bimbingan Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Kompetensi Guru Sebagai Proktor ANBK di Kemendikbud

MUHAMMAD AGUS, . (2024) Pengaruh Bimbingan Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Kompetensi Guru Sebagai Proktor ANBK di Kemendikbud. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh bimbingan teknis terhadap kompetensi guru sebagai proktor ANBK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Bimtek Guru Sebagai Proktor ANBK yang diselenggarakan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama terhadap kompetensi Guru sebagai Proktor ANBK. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu bimtek sebagai variabel X, dan kompetensi guru sebagai proktor ANBK sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian merupakan 266 orang guru peserta bimtek sebagai proktor ANBK tahun 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin dan didapat jumlah sampel penelitian yaitu 160 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana yang menghasilkan persamaan regresi Ŷ= 68,146 + 0,529X dan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 0,408 atau 40,8%. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan hasil thitung (9,308) > ttabel (1,975), dan hasil nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Sehingga dinyatakan Variabel bimbingan teknis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru sebagai Proktor ANBK. Implikasi penelitian ini adalah pelaksanaan bimtek perlu memperhatikan tujuan yang jelas, instruktur berkompeten, materi yang relevan, dan fasilitas yang memadai, sehingga kompetensi guru sebagai proktor ANBK diharapkan akan meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, MA 2). Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 22909 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:47
Last Modified: 01 Aug 2024 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47549

Actions (login required)

View Item View Item