AUGUS HIKMAT FANI TAFONAO, . (2024) STRATEGI KOMUNITAS OJEK PANGKALAN MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA BERBASIS ONLINE (STUDI KOMUNITAS OJEKPANGKALAN JUANDA, JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (625kB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (529kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (181kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi sosial komunitas ojek pangkalan juanda, mengetahui pola kehidupan anggota komunitas ojek pangkalan, serta mendeskripsikan strategi komunitas ojek pangkalan dalam mempertahankan eksistensi di era berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di pangkalan ojek stasiun juanda yang berlokasi di Jl. Ir H. Juanda B No,4, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan juli 2023 hingga bulan Juni 2024. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang informan yakni 4 anggota komunitas ojek pangkalan, 1 ketua komunitas, 1 ojek online dan 2 pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada informan, observasi di lokasi penelitian, dan dokumentasi secara langsung. Teori yang digunakan dalam membantu menganalisis penelitian ini yakni Teori Keterlekatan Sosial, dari Jens Beckert. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pola kehidupan anggota komunitas ojek pangkalan secara signifikan setelah hadirnya ojek online yaitu peningkatan rasa solidaritas antar komunitas ojek pangkalan yang diikuti perubahan jam kerja dan terciptanya batas wilayah bagi para pengguna ojek pangkalan dan online . Peningkatan Solidaritas pada Komunitas Ojek Pangkalan Stasiun Juanda ditandai dengan sikap saling mendukung antar sesama anggota serta bekerja sama dalam menertibkan jalan dan menambal jalan bolong untuk kenyamanan bersama. Strategi yang digunakan dalam mempertahankan eksistensi ojek pangkalan adalah beradaptasi mengikuti kecanggihan sekarang, ojek pangkalan menggunakan SMS sebagai media cepat bagi mereka dalam mengambil pelanggan, memperbanyak jam kerja, memberi pelayanan dan kenyamanan yang baik kepada pelanggan. ***** This study aims to determine the social condition of the base motorcycle taxi community, to find out the life patterns of members of the base motorcycle taxi community, and to describe the strategy of the base motorcycle taxi community in maintaining existence in the online -based era. This study uses a qualitative method with a descriptive qualitative approach. This research was conducted at the motorcycle taxi base, Juanda Station, located on Jl. Ir H. Juanda B No.4, Kb. Klp., Gambir District, Central Jakarta City. This research was conducted at the end of July 2023 to early Juni 2024. The research subjects consisted of 8 informants, namely 4 members of the ojek base community, 1 community leader, 1 online ojek and 2 customer. Data collection was carried out by in-depth interviews with informants, observation at research locations, and direct documentation. The theory used to help analyze this research is Embeddedness from jens becket. The results showed a significant change in the pattern of life of members of the base ojek community after the presence of online ojek, namely an increased sense of solidarity between the base ojek community followed by changes in working hours and the creation of boundaries for base and online ojek users. Increased Solidarity in the Juanda Station Base Ojek Community is characterized by mutual support among fellow members as well as working together in curbing the road and patching potholes for mutual convenience. The strategy used in maintaining the existence of ojek pangkalan is to adapt to the current sophistication, ojek pangkalan use SMS as a fast media for them to take customers, increase working hours, provide good service and comfort to customers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Atik Kurniawati, M.Si. ; 2). Dr. Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 23819 not found. |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:36 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47565 |
Actions (login required)
View Item |