MODEL PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

DIMAS DWI ATMOJO, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Temuan dalam pembelajaran smash bola voli ditingkat SMK menunjukkan diantaranya siswa merasa kesulitan dalam melakukan rangkaian gerak smash disebabkan belum terbiasanya dalam melakukan Gerakan yang menyebabkan siswa menjadi memukul dengan cara asal (sekedar pukul), dan siswa Perempuan yang merasa takut jika bol aterkena badan atau kepala yang dapat menimbulkan rasa sakit. Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis model pembelajaran smash bola voli untuk sekolah menengah kejuruan, 2) Menganalisis kelayakan model pembelajaran smash bola voli untuk sekolah menengah kejuruan, 3) Mengkaji efektifitas model pembelajaran smash bola voli untuk sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2024. Pada penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Sampel pada penelitian ini menggunakan 40 siswa kelas X MPLB 1 SMKS Sejahtera Jakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan gerak smash bola voli. Hasil pengujian efektivitas model pembelajaran smash bola voli dijabarkan kedalam data hasil pretest, posttest, dan Uji perbedaan rata-rata, serta pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan uji normalitas menunjukkan angka 0,107 dan uji homogenitas menunjukkan angka 0,780 yang berarti berdistribusi normal dan homogen, sedangkan uji t diperoleh 15,127 dan nilai t table sebesar 2,022. Dengan demikian model pembelajaran smash bola voli terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan smash. Kesimpulan hasil penelitian ini 1) Model pembelajaran smash bola voli untuk sekolah menengah kejuruan menghasilkan 15 item model pembelajaran secara bertahap, 2) model pembelajaran smash bola voli untuk sekolah menengah kejuruan dinyatakan layak, dan 3) model pembelajaran smash bola voli untuk sekolah menengah kejuruan yang dibuat efektif terhadap peningkatan hasil pembelajaran smash bola voli. Kata Kunci: model pembelajaran, smash, bola voli ABSTRACK Findings in learning to smash volleyball at the vocational school level show that students find it difficult to carry out a series of smash movements because they are not used to doing the movement which causes students to hit in a random way (just hitting), and female students who feel afraid if the ball hits their body or head. can cause pain. The aims of this research are to 1) Analyze the volleyball smash learning model for vocational high schools, 2) Analyze the feasibility of the volleyball smash learning model for vocational high schools, 3) Assess the effectiveness of the volleyball smash learning model for vocational high schools. This research was carried out from January to July 2024. This research used research and development using the ADDIE model. The sample in this study used 40 students of class X MPLB 1 SMKS Sejahtera Jakarta. The instrument used in this research was a volleyball smash ability test. The results of testing the effectiveness of the volleyball smash learning model are translated into pretest, posttest and average difference test data, as well as testing analysis requirements using the normality test and homogeneity test. The results of data analysis showed that the normality test showed a figure of 0.107 and the homogeneity test showed a figure of 0.780, which means normal and homogeneous distribution, while the t test obtained 15.127 and the t table value was 2.022. Thus, the volleyball smash learning model has proven to be quite effective in improving smash ability. The conclusions of this research are 1) the volleyball smash learning model for vocational high schools produces 15 learning model items in stages, 2) the volleyball smash learning model for vocational high schools is declared feasible, and 3) the volleyball smash learning model for vocational high schools is made effective in improving volleyball smash learning outcomes. Keywords: learning model, smash, volleyball

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Samsudin, M.Pd. 2). Prof. Dr. Taufik Rohatno
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 23892 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:05
Last Modified: 01 Aug 2024 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47670

Actions (login required)

View Item View Item