PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen pada TK Negeri & TK Dharma Wanita Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu)

REMALIANTI AGUSTIN, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen pada TK Negeri & TK Dharma Wanita Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kemandirian perlu diajarkan sejak dini sehingga anak dapat membantu dirinya sendiri. Kemandirian merupakan perilaku yang dapat memberikan banyak pengaruh positif, sebab kemandirian pada anak akan tampak ketika anak akan melakukan aktivitas sederhana sehari-hari. Kemandirian anak bukanlah sifat pembawaan lahir melainkan melalui proses belajar, dengan demikian pola asuh orang tua sangatlah dibutuhkan. Kemandirian dapat dibentuk melalui berbagai cara salah satunya yaitu penggunaan media pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu melihat pengaruh video pembelajaran terhadap kemandirian anak. Jenis media pembelajaran salah satunya adalah media video pembelajaran. Video Pembelajaran yang dipilih adalah animasi, peneliti ini mengedepankan perilaku-perilaku kemandirian yang bisa ditanamkan dalam kehidupan anak usia dini seperti pembiasaan cara makan, dan pengucapan kata-kata ajaib seperti maaf dan terimakasih. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas ujicoba dan kelas kontrol. Masing-masing kelas berisikan 15 anak. Penelitian akan dianalisis menggunakan Analisa statistic. Penelitian ini memperoleh temuan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua yang signifikan terhadap kemandirian anak pada usia 5-6 tahun, dibuktikan dari nilai f hitung sebesar 11,628. Serta terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pola asuh orang tua dan penggunaan media pembelajaran yaitu penggunaan video pembelajaran dan hanya media konvensional, dibuktikan dengan nilai f hitung sebesar 60,629. Kombinasi antara penggunaan video pembelajaran yang efektif dan pola asuh yang mendukung dapat memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kemandirian anak.. Interaksi antara pola asuh orang tua dan penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik, mendukung, dam efektif bagi perkembangan kemandirian anak usia dini. Kata Kunci : Kemandirian, Media Pembelajaran, Animasi, Pola Asuh ABSTRACT Independence needs to be taught from an early age so that children can help themselves. Independence is a behavior that can have a lot of positive influences, because independence in children will be seen when children will do simple daily activities. Children's independence is not innate but through the learning process, thus parental parenting is very needed. Independence can be formed through various ways, one of which is the use of media in early childhood. The purpose of this study is to see the influence of learning videos on children's independence. One of the types of learning media is learning video media. The learning video chosen is animation, this researcher prioritizes independence behaviors that can be instilled in early childhood life such as habituation of how to eat, and the pronunciation of magic words such as sorry and thank you. This study uses an experimental method, using 2 classes as a trial class and a control class. Each class contains 15 children. The research will be analyzed using statistical analysis. This study obtained the findings that there was a significant influence of parental parenting on children's independence at the age of 5-6 years, as evidenced by the f-count value of 11.628. And there was a significant interaction between parenting and the use of learning media, namely the use of learning videos and only conventional media, as evidenced by the f-count value of 60.629. The combination of effective use of learning videos and supportive parenting can provide optimal results in increasing children's independence. The interaction between parenting and the use of learning media is very important to create a holistic, supportive, and effective learning environment for the development of early childhood independence. Keyword: Independence; Animation; Learning Media; Parenting

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Nurjannah, M.Pd. 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 23928 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:13
Last Modified: 01 Aug 2024 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47730

Actions (login required)

View Item View Item