ANALISIS KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM-PJBL

DIANA ILLA FEBRIANTI, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM-PJBL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
WATERMARK_ Diana Illa Febrianti-1-13.pdf

Download (912kB)
[img] Text
WATERMARK BAB I_ Diana Illa Febrianti-13-17.pdf

Download (106kB)
[img] Text
WATERMARK BAB II_ Diana Illa Febrianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
WATERMARK BAB III_ Diana Illa Febrianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
WATERMARK BAB IV_ Diana Illa Febrianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
WATERMARK BAB V_ Diana Illa Febrianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
WATERMARK DAPUS_ Diana Illa Febrianti.pdf

Download (233kB)
[img] Text
WATERMARK LAMPIRAN_ Diana Illa Febrianti_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan 4C. Salah satunya adalah kemampuan memecahkan masalah secara kreatif. Keterampilan pemecahan masalah kreatif merupakan keterampilan yang harus dimiliki siswa agar unggul. Hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Penerapan metode yang tepat dan inovatif sangat diperlukan untuk mencapai kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah kreatif siswa pada materi koloid dengan menggunakan model pembelajaran STEM-PjBL. Penelitian dilakukan di kelas XI.2 SMA Negeri 31 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah kreatif siswa berada pada kategori tinggi dengan skor persentase rata-rata sebesar 66% dengan rincian yaitu penemuan fakta 69%, penemuan masalah 71,7%, penemuan ide 68,2% dan penemuan solusi 60%. Dalam hal ini hanya 1 indikator yang berada pada kategori rata-rata. ***** 21st century learning requires students to have 4C abilities. One of them is the ability to solve problems creatively. Creative problem solving skills are skills that students need to be superior. The 2022 PISA results show that students' solving skills are still relatively low. The application of appropriate and innovative methods is necessary to achieve competency. This research aims to analyze students' creative problem solving abilities on colloidal materials using the STEM-PjBL learning model. The research was conducted in class XI.2 of SMA Negeri 31 Jakarta. The method used in this research is qualitative. The research results show that students' creative problem solving abilities are in the high category with an average percentage score of 66% with details namely fact finding 69%, problem finding 71.7%, idea finding 68.2% and solution finding 60%. In this case, only 1 indicator is in the average category

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. ; 2). Hayyun Lisdiana, M.Pd.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 24143 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:17
Last Modified: 06 Aug 2024 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47735

Actions (login required)

View Item View Item