PENGARUH PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LABORATORY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI KREATIF PESERTA DIDIK PADA TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA

ARDIANA DEVI KURNIA, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LABORATORY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI KREATIF PESERTA DIDIK PADA TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
3. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB)
[img] Text
8. Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh laboratorium virtual reality terhadap kepercayaan diri kreatif peserta didik pada topik kesetimbangan kimia. Penelitian quasi-experimental ini menggunakan pre-test post-test non-equivalent comparison group design. Sebanyak tujuh puluh dua siswa (perempuan = 51, laki-laki = 21) kelas 11 SMA Negeri 22 Jakarta dengan rentang usia 15-17 tahun dipilih menjadi sampel. Pada penelitian quasi-experimental dua kelas utuh yang terpilih menjadi sampel dipilih dengan menggunakan metode nonrandom sampling yaitu convinience sampling. Kelompok kontrol (N = 36) diajarkan dengan menggunakan video demonstrasi lab, sedangkan kelompok eksperimen (N = 36) diinstruksikan dengan VR-lab tentang kesetimbangan kimia. Angket milik Ishiguro et al. (2022) yang telah diadaptasi dan diujikan validitas dan reliabilitasnya digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan terdiri dari 11 pernyataan valid yang terdiri dari dimensi efikasi diri kreatif (6 item) dan identitas pribadi kreatif (5 item) dengan tingkat reliabilitas tinggi (0,823). Data pre-test dan post-test yang diperoleh dianalisis menggunakan independent t-test dan paired t-test. Hasil temuan menunjukkan hipotesis alternatif diterima. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, dengan ukuran efek yang sangat kuat pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi (p = 0,000; d = 1,046). Penelitian ini memberikan pandangan bahwa sikap kepercayaan diri kreatif dapat ditingkatkan dengan mengimplementasikan laboratorium virtual reality sebagai inovasi baru dalam menunjang pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, guru direkomendasikan menggunakan VR untuk meningkatkan kepercayaan diri kreatif pada topik kimia lainnya. ***** The purpose of this study was to know the impact of virtual reality laboratory on students' creative self-beliefs in chemical equilibrium courses. In this quasi-experimental research, pre-test post-test non-equivalent comparison group design was used. Seventy-two 11 grade students at SMA Negeri 22 Jakarta (girl = 51, boy = 21) with an age range of 15-17 years were selected as the sample. The nonrandom sampling method used in this study was a convenience sample because the students and the courses where the research took place were readily accessible to me as an adjunct at the institution. The control group (N = 36) was instructed by using lab demonstration videos, while the experimental group (N = 36) was instructed with VR-lab about chemical equilibrium with the same experimental activities. The instrument from Ishiguro et al. (2022) which has been adapted and tested for validity and reliability (0.823) was used. The instrument used consisted of 11 valid statements consisting of creative self-efficacy (6 items) and creative personal identity (5 items). Pre-test and post-test were analyzed using the independent t-test and paired t-test. The findings show that the alternative hypothesis is accepted. These results show a significant difference, with a very strong effect size in the experimental group between before and after intervention (p = 0.000; d = 1.046). This research provides the view that creative self-belief’s can be improved by implementing a virtual reality laboratory as an innovation to support learning. Based on these findings, it is recommended that teachers use VR to increase creative self-belief’s in other chemistry topics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irwanto, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 24191 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:03
Last Modified: 01 Aug 2024 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47759

Actions (login required)

View Item View Item