RANCANG BANGUN MEDIA AJAR BESARAN-BESARAN RELATIF DALAM TEORI RELATIVITAS KHUSUS UNTUK PEMBELAJARAN MICROLEARNING

RISMA ANGGRAENI, . (2024) RANCANG BANGUN MEDIA AJAR BESARAN-BESARAN RELATIF DALAM TEORI RELATIVITAS KHUSUS UNTUK PEMBELAJARAN MICROLEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun microlearning yang meliputi video 360° dan power point interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah fisika modern. Materi yang difokuskan yaitu materi konsekuensi teori relativitas einstein khususnya pada fenomena dilatasi waktu dan kontraksi panjang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pembelajaran ASSURE. Produk akhir dari penelitian ini berupa power point interaktif dan video 360° yang disajikan menggunakan platform YouTube agar dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa menggunakan perangkat elektronik yang mendukung. Video 360° dan power point interaktif telah melalui tahap uji kelayakan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi mendapatkan rata-rata skor dari keseluruhan aspek dengan persentase sebesar 87,5%, uji kelayakan ahli media mendapatkan persentase sebesar 92,85%, begitupun oleh ahli pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 91,67% sehingga produk tersebut mendapatkan hasil “Sangat Layak” dari para ahli. Kemudian hasil uji coba penggunaan produk mendapatkan sebesar 91,35% sehingga produk video 360° dan power point interaktif mendapatkan hasil “Sangat Menarik” dari responden mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk microlearning yang dikembangkan dinyatakan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. ***** This research aims to design and build microlearning which includes 360° videos and interactive power points that can be used as learning media for modern physics courses. The material focused on is the material consequences of Einstein's theory of relativity, especially on the phenomenon of time dilation and length contraction. This research is a type of development research using the ASSURE learning design model. The final product of this research is an interactive power point and 360° video presented using the YouTube platform so that it can be accessed easily by students using supporting electronic devices. The 360° video and interactive power point have gone through the feasibility test stage to material experts, media experts, and learning experts. The results of the product feasibility test by material experts get an average score from all aspects with a percentage of 87.5%, the media expert feasibility test gets a percentage of 92.85%, as well as by learning experts getting a percentage of 91.67% so that the product gets a “Very Feasible” result from the experts. Then the results of the product use trial obtained 91.35% so that the 360 ° video product and interactive power point got the result “Very Interesting” from student respondents. Based on these results, it can be concluded that the microlearning products developed can be used as learning media in the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Esmar Budi, M.T. ; 2). Upik Rahma Fitri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 23255 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:39
Last Modified: 01 Aug 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47786

Actions (login required)

View Item View Item