PENGEMBANGAN ONLINE COURSE MATA KULIAH DESAIN WEB DI PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

BOUROQ AJI SAMUDRA, . (2024) PENGEMBANGAN ONLINE COURSE MATA KULIAH DESAIN WEB DI PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1)_compressed_11zon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN (36)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Online Course di LMS UNJ untuk mata kuliah Desain Web di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Sasaran utama dari produk yang dikembangkan adalah mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan UNJ. Penelitian ini dilakukan dengan alasan bahwa terdapat kebutuhan akan pembaruan materi pada online course Desain Web sebelumnya, yang termasuk pembaruan atas kelengkapan materi, pembaruan sumber belajar, dan pembaruan petunjuk belajar. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian pengembangan ini menggunakan model ILDF (Integrative Learning Design Framework) yang memiliki 3 tahapan, yaitu exploration, enactment, dan evaluation. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah Online Course Mata Kuliah Desain Web yahg menyajikan materi mengenai desain web dengan learning object dan disertai learning guide yang dapat membantu peserta didik dalam mempelajari online course. Produk yang dikembangkan telah melalui tahap evaluasi formatif oleh para ahli dan pengguna. Hasil expert review (ahli materi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran) melalui wawancara menyatakan produk ini sudah baik dari berbagai aspek dengan diberikan sedikit perbaikan. Kemudian pada tahap uji coba pengguna secara one-to-one melalui wawancara menyakan produk ini sudah sesuai namun terdapat saran perbaikan. Hasil small group evaluation melalui skala penilaian memperoleh rata-rata nilai keseluruhan 3.85 (Sangat Baik). Hasil field test melalui skala penilaian memperoleh rata-rata nilai keseluruhan, yaitu 3.82 (Sangat Baik). Berdasarkan hasil evaluasi formatif dapat disimpulkan bahwa produk Online Course Mata Kuliah Desain Web ini telah memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Desain Web. ***** This development research aims to produce an Online Course in the LMS UNJ for the Web Design course in the Undergraduate Program of Educational Technology at the State University of Jakarta. The primary target is students of the Educational Technology study program at UNJ. This research addresses the need to update the previous online Web Design course materials, including completeness of materials, learning resources, and learning guides. The research was conducted using the Integrative Learning Design Framework (ILDF) model, which has three stages: exploration, design, and evaluation. The result is an Online Course for the Web Design course, presenting web design materials with learning objects and a learning guide to assist students. The product underwent formative evaluation by experts and users. Expert reviews (learning material, instructional design, and media experts) through interviews indicated that the product is good but suggested minor improvements. In the one-to-one user testing phase through interviews, the product was deemed appropriate but with suggestions for improvements. The small group evaluation using a rating scale obtained an average score of 3.85 (Very Good). The field test results using a rating scale obtained an average score of 3.82 (Very Good). Based on the formative evaluation results, it can be concluded that the Online Course for the Web Design course has good quality and is suitable for use in learning the Web Design course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd. ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom., M.M.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Bouroq Aji Samudra .
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:54
Last Modified: 01 Aug 2024 04:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47814

Actions (login required)

View Item View Item